1. Startup

Beautiplan Luncurkan Aplikasi Android

Sesuai janjinya pada bulan September, situs kecantikan milik Denny Santoso, Beautiplan, yang merupakan jelmaan Sixreps, beberapa hari lalu meluncurkan aplikasi Androidnya yang tersedia secara gratis dari Google Play. Denny dan timnya menggodok aplikasi mobile Beautiplan untuk mempermudah akses bagi para pengguna Beautiplan dalam menggunakan berbagai layanan yang disediakan. Sesuai keterangan sebelumnya, Beautiplan berencana merilis versi iOS tahun depan.

Pangsa pasar penggunanya cukup jelas. Tak hanya praktisi saja yang dapat menggunakan aplikasi ini, beauty enthusiast sekalipun juga dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk menambah referensi serta pengetahuan di seputar dunia kecantikan.

Untuk mulai menggunakan aplikasi ini, kita diberikan pilihan untuk mendaftar via email ataupun menggunakan otorisasi akun Facebook. Setelah berhasil mengotorisasi akun Facebook pribadi pada Beautiplan, pengguna sudah bisa mengakses seluruh layanan yang tersedia di Beautiplan.

Terdapat tiga fitur utama Beautiplan, yaitu Articles, Photos, dan Reviews. Dalam fitur Articles, pengguna dapat menemukan berbagai informasi yang termuat dalam artikel tulisan yang tentu berkaitan dengan dunia kecantikan dan mode, seperti artikel tentang inspirasi makeup dari selebritis, artikel tips & trick dan beauty tutorial. Pengguna dapat memberikan kontribusi tulisan tentang apa saja yang berkaitan dengan dunia kecantikan untuk dibagikan kepada seluruh pengguna. Tulisan yang telah dikirimkan ke Beautiplan dapat disebarkan ke berbagai platform media sosial populer seperti Facebook, Twitter, maupun Pinterest.

Setelah puas membaca sejumlah artikel pilihan, pengguna juga dapat memamerkan hasil-hasil karya makeup maupun kreasi lainnya dalam fitur Photos. Menggunakan fitur ini, pengguna diberikan ruang khusus untuk berbagi foto hasil kreasi makeup. Pengguna bisa membeberkan hasil makeup seperti yang biasa dilihat ala before & after. Bagi yang membuka jasa tata rias atau makeup artist, fitur ini juga dapat dijadikan sebagai portfolio yang menarik.

Terakhir, Beautiplan menyajikan fitur Reviews yang berisi ulasan berbagai produk kecantikan yang dapat menjadi referensi belanja kebutuhan kecantikan. Produk-produk kecantikan yang ada dapat diberi ulasan sendiri oleh pengguna sehingga ulasan yang disajikan tampak beragam sesuai dengan sudut pandang masing-masing. Selain itu, kerjasama Beautiplan dengan Luxola, FellinShop dan Lazada memungkinkan para pengguna Beautiplan untuk langsung memesan produk kecantikan yang dibahas di artikel-artikel Beautiplan.

Dari sisi interface, yang menarik dari Beautiplan adalah penggunaan action button yang diperkenalkan oleh Path. Jika pada Path tombol di pojok kiri bawah ini berfungsi untuk menentukan jenis post yang akan dikirimkan, pada Beautiplan tombol ini memiliki berbagai macam fungsi sesuai konteks yang sedang aktif. Pada Articles, Photos, dan Reviews, tombol ini berguna untuk memilih kategori post yang ditampilkan, atau menjadi semacam filter. Jika sedang menampilkan sebuah artikel, tombol ini berfungsi untuk menampilkan berbagai media sosial yang menjadi tujuan berbagi.

Beautiplan memiliki peluang yang cukup baik dalam menghadirkan layanannya bagi seluruh pengguna di Indonesia. Dengan metode penggunaannya yang cukup sederhana serta diperkaya dengan informasi dan fitur yang lengkap, layanan ini menghadirkan warna baru untuk aktivitas berjejaring sosial bagi penggunanya.

[ilustrasi foto: Shutterstock]

[catatan] artikel ini telah mengalami sejumlah perubahan sejak diterbitkan pada Jumat, 4 Oktober 2013 termasuk judul, alamat, dan isinya sebagai bentuk koreksi dan penyesuaian.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again