Dark
Light

Beberapa Informasi dari Acara Microsoft Surface

by
2 mins read
October 26, 2012

Setelah acara peluncuran resmi Windows 8 tadi malam, Microsoft melanjutkan dengan merilis secara resmi pada publik tablet besutan mereka Microsoft Surface yang dilengkapi dengan Windows RT.

Acara yang berlangsung beberapa jam setelah acara peluncuran Windows 8 ini menampilkan beberapa informasi berkenaan dengan tablet baru ini. Surface sendiri sebenarnya telah dikenalkan bulan Juni lalu, namun sekarang ketersediaan perangkat ini di beberapa negara telah resmi diumumkan.

Seperti halnya rangkuman acara rilis Windows 8, kami juga merangkum beberapa informasi yang dibagikan Microsoft dalam acara Microsoft Surface ini, yang kali ini mengutip live blogging yang dilakukan Wired.com.

Berikut informasi tersebut:

  • Dalam peluncuran kali ini diperkenalkan Microsoft Surface berbasis Windows RT, yang merupakan versi Windows yang dipertunukkan tablet berprosesor ARM.
  • Dalam presentasinya, Stevan Sinofsky mengatakan bahwa Surface ini adalah tentang “imagining and reimagining hardware for Windows RT”.
  • Surface adalah ektensi dari Windows 8. Ada banyak pilihan yang ditawarkan Microsoft dalam satu tempat, di Surface.
  • Tentunya demo proses ‘click’ ketika Touch Cover di tempelkan di tablet juga ditonjolkan dalam presentasi ini.
  • Presentasi juga dilakukan oleh Panos Panay yang mengatakan bahwa semua komponen yang ada dalam produk ini di kembangkan secara sempurna dan menghadirkan tablet Surface. Tablet ini juga dikerjakan kerja sama antara tim perangkat lunak dan perangkat keras.
  • Surface dilengkapi ‘kickstand’ yang dibaliknya ada slot microSD untuk tambahan penyimpanan.
  • Baterai Surface ini akan memiliki kamampuan selama satu hari penuh. Antena WiFi juga dikatakan bisa menangkap sinyal dengan lebih baik.
  • Perpindahan antara konten di tablet ke layar lebar bisa dilakukan dengan fasilitas Smart Glass.
  • Surface juga dilengkapi dengan Xbox Music.
  • Dua hal menarik yang di demo kan di acara adalah, ketika Panoy menjatuhkan Surface dan tablet tersebut masih bisa digunakan. Hal lain adalah ketika Surface dijadikan skateboard, dimana tablet ditambahkan roda a la skate kemudian digunakan untuk meluncur. Tidak didemokan secara lansung memang tetapi ada foto yang menampilkan tablet ini ketika digunakan sebagai skateboard.
  • Beberapa kelebihan lain adalah kombinasi penggunaan kamera dan kickstand. Pengguna bisa melakukan video calls dengan lebih baik. Kamera belakang mengambil gambar sedangkan tampilan tablet depan masih bisa digunakan untuk beraktifitas.
  • Demo yang hampir sama juga dilakukan dengan Touch Cover, dimana pengguna bisa mengetik dengan Touch Cover ini sambil merekam video dengan kamera depan. Dicontohkan bahwa ini bisa digunakan para mahasiswa untuk merekan kuliah sambil mencatat dengan menggunakan Touch Cover.
  • Surface juga dilengkapi dengan Office yang terdiri dari beberapa aplikasi pendukung produktifitas kerja.
  • Surface juga dilengkapi port USB yang bisa mengkoneksikan tablet ke kamera.
  • Surface (Windows RT) telah tersedia di 8 negara dan 60 toko Microsoft di AS dan dijual secara online, harganya mulai dari $499 dengan 32GB.

Meski tidak banyak hal baru yang diumumkan, namun kini Microsoft telah secara resmi menyediakan Surface, tablet baru andalan mereka ke pasar. Ketersediaan di toko offline juga masih terbatas untuk pasar tertentu, namun tentunya ini akan berangsur berkembang sesuai dengan target pilihan pasar Microsoft.

Sayangnya tidak banyak informasi tentang Surface dengan sistem operasi Windows 8 Pro, jadi kita masih harus menunggu informasi lanjutan dari Microsoft.

Pengguna Indonesia juga sepertinya masih harus bersabar untuk menunggu kehadiran perangkat ini secara resmi, dan bisa memilih untuk mencoba perangkat tablet, PC, desktop dan perangkat hybrid lain berbasis Windows 8.


surface

Sumber: Wired. Foto: Wired/Ariel Zambelich.

Previous Story

Apple App Store Kini Tampilkan Harga Aplikasi Dalam Rupiah

Next Story

Foto Nexus 10 Muncul di Internet

Latest from Blog

Mengenal LISSA, Solusi AI Terbaru dari Lenovo

Lenovo Indonesia memperkenalkan LISSA (Lenovo Intelligent Sustainability Solutions Advisor), sebuah inovasi paling mutakhir mereka dalam bidang artificial intelligence (AI) dan pengurangan emisi.

Don't Miss

Bangun Infrastruktur Cloud dan AI di Indonesia, Microsoft Siapkan Dana Investasi 27 Triliun

30 April 2024 menjadi hari yang cukup bersejarah bagi perkembangan

DANA Gandeng Microsoft untuk jadi Pelopor Integrasi GitHub Copilot

Saat ini implementas AI atau kecerdasan buatan di berbagai lini