Categories

Tips

Beberapa Layanan yang Bisa Dimanfaatkan untuk Optimalkan Kerja Remote

Dari layanan chat, screenshare, task organization, cloud storage hingga code collaboration

Prayogo Ryza - 31 July 2015

Pernahkah Anda mendengar istilah kerja remote ? kerja remote adalah istilah yang digunakan untuk orang-orang yang bekerja tidak langsung di kantor, mereka bisa bekerja dari mana saja asal masih terhubung melalui internet. Melalui artikel ini kami akan membagikan beberapa tools yang bisa dimanfaatkan Anda dan tim Anda untuk tetap terhubung dan tetap produktif meski tim Anda tidak berada di lokasi yang sama.

Menjaga komunikasi dan produktivitas tim yang berkerja dengan remote memang tidak mudah, berikut beberapa layanan yang dapat dimanfaatkan untuk terus menjaga komunikasi, memonitor, berbagi dan berkolaborasi dengan tim yang tersebar di beberapa tempat.

Slack

Slack bisa dikatakan sebagai kantor virtual. Slack memberikan layanan berkirim pesan baik private maupun channel (massal), berbagi berkas (dokumen, foto, atau video), dan integrasi dengan layanan lain seperti email dan sosial media. Dengan memanfaatkan Slack, Anda dan tim bisa tetap keep in touch meski bekerja di belahan dunia yang berbeda.

Screenhero

Layanan yang baru saja diakusisi Slack ini menawarkan beberapa fitur yang bisa melengkapi layanan Slack. Salah satu layanan unggulan Screenhero adalah kemampuan untuk melakukan kolaborasi screen sharing dengan multiple mouse cursors dan voice chat. Layanan ini dapat Anda manfaatkan untuk memudahkan tim Anda saling membantu jika menemui kesulitan.

Skype

Jika Anda membutuhkan layanan yang menyediakan fitur webchat, mungkin Skype salah satu pilihan yang tepat. Layanan yang kini merupakan milik Microsoft ini mempunyai fitur standar layaknya aplikasi messaging kebanyakan. Salah satu keunggulan Skype adalah tersedianya fasilitas video call, baik privat maupun group chat, dan juga ketersediaannya di berbagai platform seperti iOS, Android, dan Windows.

Join.me

Salah satu pilihan lain yang mungkin bisa Anda gunakan untuk menjaga komunikasi dengan tim adalah Join.me. Layanan ini menawarkan kemampuan teks, voice chat, dan screen sharing dengan mengusung tagline Faster, easier, better.

Groove

Jika Anda mempunyai tim customer support dan bekerja secara remote mungkin Groove bisa menjadi pilihan. Groove menwarkan layanan help desk untuk menangani online customer Anda dengan sistem ticketing support yang terintegrasi dengan beberapa layanan lain seperti Slack dan Twitter.

Trello

Trello merupakan sebuah layanan yang memudahkan Anda untuk mengatur proyek. Bagi ada yang mempunyai banyak personil dan task, mungkin Trello adalah sebuah jawaban. Dengan Trello Anda bisa mengorganisasi task dan personil Anda sehingga semuanya bisa teratur dan termonitor.

Cloud storage

Cloud storage mungkin sebuah layanan yang wajib Anda miliki jika Anda mempunyai tim yang bekerja secara remote, apalagi jika Anda membutuhan berbagi file dengan ukuran yang besar. Untuk cloud storage Anda bisa memanfaatkan beberapa penyedia layanan ternama seperti Dropbox, Google Drive, One Drive, dan masih banyak lagi.

Code Collaboration

Sebuah proyek software seringkali dikerjakan banyak orang. Jika Anda memiliki tim programmer yang bekerja remote, Anda wajib menyediakan layanan kolaborasi seperti Github dan Bitbucket untuk memudahkan programmer Anda berbagi tugas, melakukan perbaikan dan menggabungkan pekerjaan mereka menjadi sebuah proyek yang utuh.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter