9 October 2013

by Iqbal Farabi

Bekerjasama dengan Google, HP Rilis HP Chromebook 11

Kerjasama antara HP dan Google nampak semakin langgeng. Setelah mengumumkan jajaran tablet Android terbarunya di penghujung September lalu, HP kemarin merilis laptop berbasis Chrome OS bernama HP Chromebook 11. Dengan demikian, HP Chromebook 11 menjadi laptop ketiga yang diproduksi oleh HP dengan menggunakan Chrome OS. Sebelumnya HP pernah merilis HP Pavilion Chromebook dan HP Chromebook 14.

Bisa dibilang HP Chromebook 11 merupakan versi "murah" dari Chromebook Pixel. Mengambil banyak ciri desain dari Chromebook Pixel, Chromebook 11 tampil dengan desain yang menawan. HP Chromebook 11 tersedia dalam dua varian warna, hitam dan putih, dengan masing-masing memiliki pilihan empat aksen warna Chrome: biru, hijau, merah, dan kuning.

HP Chromebook 11 memiliki layar berukuran 11,6 inci dengan resolusi 1366x768 piksel. Untuk dapur pacunya, HP Chromebook 11 ditenagai oleh prosesor Exynos 5250 GAIA dan memori RAM DDR3 sebesar 2 GB. Meski hanya memiliki kapasitas penyimpanan yang cukup kecil, 16 GB SSD, pemilik HP Chromebook 11 diberikan fasilitas penyimpanan gratis di Google Drive hingga 100 GB selama dua tahun. Terakhir, HP menjanjikan daya tahan baterai selama 6 jam untuk pemakaian aktif. Spesifikasi lengkapnya bisa dilihat di tautan ini.

Perangkat Chromebook teranyar ini dibanderol dengan harga $279. Sementara waktu, HP Chromebook 11 baru bisa dibeli oleh konsumen yang berdomisili di Amerika Serikat dan Inggris melalui Amazon, Google Play, Best Buy, dan Currys.