1. Startup

Bekraf Berharap Lahirkan Ratusan Produk Digital Baru dari Program BEKUP

Program Bekraf for Pre-Startup (BEKUP) sediakan berbagai jenis program sesuai dengan tingkat kemampuan

Bekraf (Badan Ekonomi Kreatif) Indonesia kembali menggagas sebuah program yang ditujukan untuk membantu mengembangkan industri startup Indonesia. Program yang diberi nama Bekraf for Pre-Startup (BEKUP) 2017 ini didukung oleh MIKTI (Masyarakat Industri Kreatif TIK/Digital Indonesia) dan PT Telekomunikasi Indonesia dikonsep untuk memberikan pendampingan kepada calon pendiri startup digital. Program ini sendiri ditargetkan bisa mencetak 450 calon pendiri dan 150 produk startup digital baru.

Deputi Infrastruktur Bekraf Hari Santosa Sungkari dalam rilis pers-nya menyampaikan, “Program BEKUP bukanlah workshop atau pun training, melainkan penggemblengan.”

BEKUP sendiri saat ini telah mempersiapkan 105 mentor di 15 kota yang di tiap kotanya akan terdapat 6 mentor dan 1 koordinator wilayah dengan melibatkan 10 inkubator, akselerator dan investor yang siap membantu para pendiri startup digital melalui 3 program, 3 kurikulum dan 4 tahapan dalam kurun waktu 4 bulan.

Kota-kota yang beruntung tersebut adalah Banda Aceh, Medan, Pekanbaru, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Surabaya, Denpasar, Balikpapan dan Makassar. Untuk menstandarisasi kualitas lulusan program BEKUP ini, mentor yang terlibat telah diklasifikasi dan distandarisasi.

Program BEKUP sendiri tersedia untuk seluruh tingkat kemampuan, mulai dari pemula hingga yang sudah memiliki produk. Program-program BEKUP antara lain BEKUP BASIC yang ditujukan untuk peserta perorangan yang membutuhkan pendampingan untuk meningkatkan kesiapan mereka dalam membangun startup di bagian teknis.

Ada juga program BEKUP START yang ditujukan bagi peserta yang sudah memiliki tim dan memiliki ide dan memiliki rencana untuk membangun startup dalam waktu dekat, sehingga kurikulumnya pun lebih lengkap mulai dari teknis hingga bisnis. Ada lagi program BEKUP JOURNEY yang ditujukan untuk startup yang telah beroperasi untuk mengikuti program pendampingan lanjutan dan link and match dengan mitra strategis.

Untuk BEKUP START ada 4 tahapan berkelanjutan yang bertujuan untuk melengkapi pengetahuan dan keterampilan calon pendiri startup. Keempat tahap tersebut adalah tahap workshop, talenta development, founder preparation, dan tahap pre-incubation.

Melalui program BEKUP ini Bekraf berharap pelaku startup digital Indonesia dapat memberikan dampak positif bagi pergerakan perekonomian Indonesia. Bekraf melalui unit infrastruktur non fisik mencoba memberikan kontribusi nyata sejalan dengan semangat pemerintah Indonesia sebagai “The Digital Energy of Asia”

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again