1. Startup

Belajar Investasi dengan Rich Game dari NgaturDuit

NgaturDuit, Rabu kemarin meluncurkan sebuah game pada platform Facebook yang berjudul Rich Game. Dalam pengembangan Rich Game ini, NgaturDuit didukung oleh didukung oleh  Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (BAPEPAM-LK) dan USAID. USAID mendukung pengembangan game ini melalui hibah program Bantuan Pengembangan Analisis Ekonomi di Indonesia (Support for Economic Analysis Development in Indonesia/SEADI).

Rich Game merupakan sebuah game online yang mengedukasi masyarakat mengenai cara mengoptimalkan produk keuangan, terutama produk investasi, yang terdapat di Indonesia. Dalam Rich Game, pemain akan menghadapi berbagai tantangan skenario ekonomi dan keuangan sehingga mereka dapat mensimulasikan bagaimana menghadapai kondisi ekonomi maupun keuangan tertentu.

Berbagai produk investasi yang ada dalam permainan Rich Game adalah empat produk Reksadana (pendapatan tetap, campuran, saham, dan syariah), tabungan baik konvensional maupun syariah, deposito, logam mulia emas, asuransi juwa, asuransi kesehatan, dan asuransi unit-link.

Tidak hanya bermain game, pemain game ini juga mendapatkan akses ke forum diskusi dan informasi produk/jasa keuangan dalam bentuk artikel dan video. Para pakar keuangan dari tim NgaturDuit juga akan mengakses virtual chatroom secara berkala sehingga para pemain dapat berinteraksi dengan mereka untuk melakukan konsultasi tentang masalah keuangan.

Menurut Aidil Akbar dari NgaturDuit seperti dikutip AntaraNews, Rich Game dibuat dengan tujuan untuk mengedukasi sekaligus memberikan pengalaman berinvestasi kepada masyarakat. Sebelumnya, Aidil melihat pendidikan tentang mengoptimalkan produk keuangan bagi masyarakat Indonesia masih sangat kurang.

Permainan ini ditujukan untuk seluruh orang yang memiliki minat untuk mempelajari tentang produk keuangan bahkan hingga anak SMA. Jika respon masyarakat besar, Api Perdana, CEO NgaturDuit mengatakan adanya kemungkinan untuk membuat game ini untuk platform lain seperti Android, Blackberry dan Windows.

Pengguna yang tertarik untuk memainkan game ini dapat mengujungi halaman aplikasi ini di Facebook. Game ini juga akan terus dikembangkan dengan menambah pilihan produk investasi dan meningkatkan tantangan untuk setiap level yang ada.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again