13 June 2016

by Aditya Daniel

Bentuk Kebiasaan Baik dengan Productive di iPhone

Hadir dengan animasi serta tampilan minimalis serta mudah digunakan

Membentuk sebuah kebiasaan atau habit diperlukan waktu. Banyak peneliti bahkan menyimpulkan setidaknya diperlukan 21 hari untuk membuat sebuah aktivitas untuk menjadi sebuah kebiasaan. Tentunya kebiasaan tersebut bisa kebiasaan baik atau buruk. Itu artinya kebiasaan baik pun bisa dibentuk asal konsisten.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak aplikasi atau layanan yang dapat membantu Anda memiliki kebiasaan baik. Aplikasi iOS bertajuk Productive ini adalah salah satunya.

Laporan, tampilan utama dan menu aplikasi Productive

Productive bisa Anda unduh di App Store secara gratis. Cara penggunaannya pun mudah. Bahkan pada tampilan utama aplikasinya Anda sudah bisa melihat petunjuk penggunaan Productive. Ketika Anda membuat aktivitas baru, ada ragam kategori seperti kesehatan, sosial, hobi, dll yang bisa Anda pergunakan.

Anda bisa mengatur jadwal pengulangan aktivitas tersebut, harian, mingguan atau bulanan. Anda juga bisa menambahkan waktu serta mengaturnya multiple sehingga bisa mengingatkan Anda lebih dari satu waktu dalam satu hari. Versi gratisnya, Anda hanya bisa memilih pagi, siang atau malam saja yang dapat diatur pada bagian Options.

Membuat habit baru di Productive dan jadwalnya

Bagian statistik bisa diakses pada layar sebelah kiri atas. Anda bisa melihat seberapa banyak aktivitas yang sudah Anda lakukan dalam bentuk kalendar. Termasuk Anda bisa melihat berapa total kegiatan yang sudah Anda lakukan. Meski Productive bisa digunakan secara gratis namun terdapat opsi in-app-purchase untuk menambahkan fungsionalitas secara lengkap.

In-app-purchase di Productive bisa dibeli seharga 59ribu rupiah. Dengan membeli upgrade tersebut, Anda mendapatkan fitur unlimited habit, dukungan pengingat yang lebih baik dan bisa dikonfigurasi lebih dari 3 kali dalam sehari, tema warna terang di aplikasi serta laporan statistik yang lebih lengkap termasuk laporan mingguan. Productive juga tersedia untuk Apple Watch.

Productive merupakan salah satu aplikasi pembentuk kebiasaan yang bisa Anda gunakan di App Store. Bagi saya, versi gratisnya sudah cukup untuk membentuk beberapa kebiasaan baik yang bisa dihapus ketika sudah tidak dibutuhkan lagi. Productive pun tampil cantik dengan animasi serta tampilan yang minimalis namun penuh warna.

Download - App Store - Gratis