Berbekal Bluetooth, Unleashed Beri Kemudahan Mengendalikan DSLR Menggunakan Smartphone

Berbekal Bluetooth, Unleashed Beri Kemudahan Mengendalikan DSLR Menggunakan Smartphone

Perangkat menancap pada port USB dan HDMI milik kamera, praktis dan siap digunakan kapan saja
Unleashed menancap di Canon 6D / Foolography
Unleashed menancap di Canon 6D / Foolography

Di tahun 2016 ini, fitur transfer gambar secara nirkabel sudah menjadi standar untuk sebuah kamera, biasanya ditemani juga dengan fitur remote control. Ada kalanya skenario mengendalikan kamera dengan smartphone sangatlah ideal, seperti misalnya ketika hendak mengambil video timelapse dan kamera terpasang pada tripod.

Kendati demikian, konektivitas Wi-Fi maupun NFC tidak bisa menjadi penentu keputusan saat hendak membeli kamera baru. Kamera DSLR lama Anda sebenarnya sudah bisa diberi fitur remote control dengan bantuan aksesori bernama Unleashed ini.

Dikembangkan oleh perusahaan Jerman di bawah nama Foolography, Unleashed pada dasarnya merupakan sebuah modul Bluetooth yang menancap pada port USB dan HDMI milik DSLR, membiarkan hotshoe-nya tetap lowong untuk digunakan bersama aksesori lain.

Prototipe final Unleashed untuk DSLR Nikon dan Canon / Foolography
Prototipe final Unleashed untuk DSLR Nikon dan Canon / Foolography

Karena menggunakan Bluetooth, hampir tidak ada dampak negatif terhadap daya tahan baterai kamera. Unleashed sendiri juga tidak perlu di-charge sama sekali, dan ia dapat tersambung ke smartphone secara otomatis setelah menjalani pairing awal.

Unleashed datang bersama sebuah aplikasi pendamping di smartphone. Dari aplikasi ini, pengguna bisa mengendalikan kamera secara komprehensif; mengambil foto, merekam video, mengubah settingaperture, shutter speed, ISO dan lain sebagainya. Unleashed bahkan bisa mengambil informasi lokasi yang direkam oleh chip GPS milik smartphone, dan menyimpannya sebagai metadata pada foto.

Unleashed menancap pada Nikon D7100 / Foolography
Unleashed menancap pada Nikon D7100 / Foolography

Fitur menarik lain mencakup intervalometer dan kemampuan untuk menyesuaikan tingkat exposure sehingga transisi dari pagi ke malam atau sebaliknya bisa terlihat mulus. Menutup semua itu, pengguna bisa mengendalikan enam kamera sekaligus lewat satu aplikasi Unleashed.

Saat ini Unleashed sudah mendekati akhir kampanye crowdfunding-nya di Kickstarter. Harga terendah yang ditawarkan adalah €129, atau sekitar Rp 1,9 juta per unit.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…