Gadget

Berbekal Integrasi Smart Home, Robot Big-I Siap Temani Anggota Keluarga Anda

Mampu mengenali tiap-tiap anggota keluarga beserta kebutuhannya

Robot sebagai pembantu rumah tangga kedengarannya hanya bisa dipraktekkan di film fiksi ilmiah. Namun perkembangan teknologi machine learning dan artificial intelligence (AI) yang begitu pesat belakangan ini membuatnya mungkin terwujud di dunia nyata. Tidak percaya? Coba Anda temui Big-I.

Big-I sepintas terlihat seperti sebuah tong sampah, akan tetapi ia memiliki 'mata' yang akan selalu memperhatikan berbagai hal dan mengenali orang-orang di sekitarnya. Tidak hanya mengenali, Big-I tahu kebutuhan masing-masing anggota keluarga.

Robot ini tidak perlu dikendalikan secara manual, namun ia juga bisa merespon terhadap perintah suara. Anda juga dapat memberikan instruksi ala IFTTT, jadi semisal ada orang asing yang masuk ke rumah saat Anda pergi, Big-I akan langsung mulai mengawasi dan merekam aksi jahilnya.

Yang tak kalah menarik adalah potensi Big-I untuk diintegrasikan dengan berbagai perangkat smart home. Sistem operasinya juga telah dirancang supaya pengguna bisa mendidiknya; misalnya jika pengguna melambaikan tangan saat berada di ruang makan, itu tandanya Big-I diminta untuk mematikan televisi di ruang tamu.

Contoh lain pengaplikasian Big-I yang bergantung situasi adalah: jika Big-I mendeteksi anak Anda tertidur di sofa, maka ia akan segera mengingatkan Anda untuk membawanya ke kamar tidur. Hal ini dimungkinkan berkat teknologi pengenal wajahnya tadi.

Sejauh ini, NXRobo selaku pengembang Big-I masih belum mengungkapkan jadwal pemasaran robot pintarnya tersebut. Kemungkinan besar ia akan hadir dalam versi developer terlebih dulu sehingga ekosistem aplikasi dan integrasinya sudah cukup melimpah saat dipasarkan ke konsumen nantinya.

Sumber: Engadget dan NXRobo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter