1. Startup

Berbicara Tentang Cloud Computing di Indonesia Bersama Onno W Purbo

Para pembaca DailySocial pasti kenal sosok fenomenal yang satu ini. Ya, Onno W Purbo, salah satu orang terpenting di ranah TI di Indonesia. Sabtu kemarin DailySocial berkesempatan hadir di seminar bertajuk “One Day Future Networking: Cloud Computing”, acara ini diselenggarakan Synaptic UII bertempat di Sahid Raya Hotel.

Pada seminar itu Onno W Purbo yang akrab dipanggil Kang Onno ini menjadi pembicara utama, dan DailySocial berkesempatan berbincang-bincang dengan beliau. Pembicaraan kali ini adalah pandangan dari Kang Onno tentang perkembangan cloud computing di Indonesia.

Dalam video ini, menurut Kang Onno, cloud itu ada dua jenis, yaitu public cloud dan private cloud. Public cloud adalah cloud yang dijual lewat internet oleh sebuah perusahaan, dan private cloud adalah cloud yang berjalan di jaringan LAN. Pengguna di Indonesia yang menggunakan public cloud akan berhadapan dengan persoalan jaringan internet. Kita tahu bahwa hampir seluruh wilayah Indonesia jaringan internetnya masih kurang baik, kecuali beberapa kota-kota besar yang infrastruktur internetnya yang sudah berjalan baik. Jika pengguna memiliki jaringan internet yang buruk maka pastinya tidak dapat mengakses cloud-nya.

Kang Onno juga menjelaskan bahwa private cloud adalah solusi yang sangat menarik bagi Indonesia. Mengapa? Dengan adanya private cloud, nantinya perusahaan, perkantoran, kampus, sekolah dan lain sebagainya, dapat menghemat server dengan teknologi cloud computing ini, dan dapat memajukan infrastruktur internet di Indonesia.

Kali ini Kang Onno juga berpesan kepada mahasiswa terutama mahasiswa jurusan TI, untuk mencoba mengembangkan cloud computing ini (jenis kedua), baik nantinya untuk tugas akhir maupun untuk dijadikan sebuah pekerjaan.

Untuk lebih jelas tentang penjelasan oleh Kang Onno, mari kita simak bersama-sama interview singkat tentang cloud computing berikut ini:

[Sumber Gambar dari Timur Sahadewa]

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again