1. Lifestyle

Berkat Spotify, Tangga Lagu Billboard Kini Dilengkapi Fitur Preview

Preview lagu berdurasi 30 detik dan bisa didengarkan tanpa harus login menggunakan akun Spotify

Selama bertahun-tahun, Billboard selalu menjadi panutan industri musik lewat deretan tangga lagu yang dirilis dan di-update secara reguler. Di era streaming musik ini, Billboard rupanya ingin terus menjadi relevan dengan merangkul Spotify sebagai mitra eksklusifnya selama tahun 2016.

Seperti apa wujud kerja sama Billboard dan Spotify ini? Yang pertama, semua tangga lagu yang ada di situs Billboard akan disertai tombol preview, dimana pengunjung situs bisa langsung mendengarkan preview lagu berdurasi 30 detik yang berasal dari layanan milik Spotify.

Tidak hanya itu, seperti yang bisa Anda lihat di tangga lagu “The Hot 100” misalnya, hadir pula tombol “Full Track” dengan logo Spotify di sebelahnya. Klik tombol tersebut, maka Anda akan langsung dibawa ke aplikasi Spotify – atau web player kalau di PC – untuk mendengarkan lagunya secara penuh.

Hadir pula tombol "Full Track" untuk mendengarkan lagu sepenuhnya di Spotify

Fitur preview ini tentu saja akan semakin memudahkan pengguna dalam memantau tangga lagu yang dirilis Billboard, dimana pengguna kini tak perlu repot membuka situs atau layanan lain untuk mendengarkan seperti apa lagu-lagu yang masuk dalam daftar; preview 30 detik ini bisa dinikmati tanpa harus login dengan akun Spotify.

Bentuk kerja sama yang kedua adalah tiga tangga lagu baru yang didasari oleh perkembangan Spotify itu sendiri. Tangga lagu “Viral 50” akan menampilkan lagu-lagu yang paling banyak disebarkan lewat media sosial; “Velocity Chart” akan menampilkan 30 lagu dengan peningkatan popularitas tercepat di Spotify; dan terakhir “Spotify Rewind” akan menyajikan lima lagu dari tiap-tiap dekade (1960-an sampai 2000-an) berdasarkan popularitasnya di kalangan pengguna setiap minggu.

Ini sebenarnya bukan pertama kali Spotify menjadi ‘perantara’ dalam menyajikan preview lagu dari layanannya. Sebelum ini, Spotify sudah lebih dulu menjadi mitra Facebook dalam inisiatif Music Stories.

Sumber: Billboard.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again