StartupInterview

Berkomitmen Hadirkan Kemudahan Mengakses Wi-Fi, Aplikasi Zona WiFi Go! Diluncurkan

Menargetkan satu juta pengguna hingga akhir tahun 2017

Digitized, sebuah perusahan solusi digital yang telah bergerak sejak tahun 2013, kembali meluncurkan inovasi terbaru yaitu aplikasi Zona WiFi Go!. Tidak meratanya ketersediaan internet dan infrastrukturnya di Indonesia merupakan alasan utama aplikasi Zona WiFi Go! dikembangkan. Norman Ganto, Co-Founder dan Head of Business Zona WiFi Go!, yang juga aktif di dunia startup memiliki gagasan untuk kemudian memberikan kemudahan berbagi hotspot wifi sehingga masyarakat dapat mengakses internet lewat koneksi wifi gratis, kapan dan di manapun mereka berada.

“Dari pengalaman saya, sulit bagi masyarakat luas untuk menikmati aplikasi-aplikasi apabila kebutuhan dasar seperti akses ke internet saja belum terpenuhi. Juga karena saya sering bekerja secara mobile, dan susah mencari koneksi internet yang stabil, lahirlah ide aplikasi yng bisa saling berbagi dan unlock wifi password dengan pengguna lainnya. Akhirnya ide saya direalisasikan melalui inkubasi Digitized Indonesia dan diberi nama Zona WiFi Go!,” kata Norman.

Aplikasi Zona WiFi menawarkan kemudahan untuk orang berbagi informasi akses internet WiFi ke sesama pengguna ‘Zona WiFi Go!’. Zona WiFi Go! menitikberatkan ke user-generated content. Konten dalam hal ini adalah password WiFi, agar pengguna lain bisa menikmati hotspot tersebut tanpa harus bertanya terlebih dahulu apa password-nya.

Hal ini yang kemudian membedakan aplikasi Zona WiFi Go dengan aplikasi serupa yang sudah ada. Yang kebanyakan dikenakan biaya sebesar 5000 rupiah untuk mengakses hotspot-hotspot yang tersedia.

“Harapan Zona WiFI Go! adalah orang-orang akan terpanggil hatinya untuk mau berkontribusi untuk meng-unlock WiFi sebanyak mungkin. Selain itu, makin banyak unlock WiFi dan berbagi wifi ke user lain, makin banyak poin yang bisa di kumpulkan untuk mendapatkan hadiah-hadiah menarik,” kata Norman.

Menargetkan 1 juta pengguna hingga akhir tahun 2017

Sejak diluncurkan tanggal 1 September 2016 lalu, aplikasi Zona WiFi Go! sudah diunduh lebih dari 1300 pengguna. Hingga akhir tahun 2017 ditargetkan aplikasi tersebut bisa mencapai 1 juta pengguna. Zona WiFi Go! dapat diunduh secara gratis di platform Android, sementara untuk platform iOS akan segera diluncurkan.

Tidak dapat dipungkiri besarnya demand dari masyarakat untuk dapat menikmati akses internet cepat, tidak diimbangi dengan layanan yang diberikan baik oleh operator maun layanan penyedia Internet (ISP) yang ada di Indonesia. Hal tersebut yang kemudian dicoba diakomodir Zona WiFi Go!.

“Layanan internet sebenarnya dibilang cukup bagus untuk kota-kota besar, namun karena Indonesia adalah negara yang sangat besar dan terdiri atas pulau-pulau, sehingga kami dari sektor privat harus membantu pemerintah dan penyedia ISP untuk memberi akses ke internet ke pada masyarakat luas.,” tutup Norman.

Application Information Will Show Up Here
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again