1. Lifestyle

Berupaya Datangkan Profit Dari BBM, BlackBerry Akuisisi ScrOON

Seperti yang kita semua ketahui bahwa BBM merupakan aplikasi yang disematkan di smartphone BlackBerry secara bundle dan bersifat cuma-cuma, aplikasi ini juga telah tersedia secara gratis  untuk platformAndroid dan iOS.

Karena bersifat gratis maka hampir dapat dipastikan BlackBerry tak mendapatkan keuntungan apapun dari aplikasi tersebut, hal ini juga yang sempat jadi pertanyaan besar tatkala perusahaan smartphone asal Kanada ini meluncurkan BBM untuk kedua pesaingnya yakni Android dan iOS, padahal saat itu mereka diberitakan dalam situasi yang sedang sulit.

Namun sebagai perusahaan besar dan dihuni SDM berpengalaman, banyak orang yakin BlackBerry punya rencana besar yang masih jadi misteri. Dan sedikit demi sedikit misteri itu mulai terkuak, setelah Bloomberg mengendus adanya transaksi pembelian sebuah startup asal Perancis bernama ScrOON oleh BlackBerry yang disinyalir terjadi pada bulan Mei 2013 lalu.

Lalu apa hubungan akuisisi tersebut dengan aplikasi BBM milik BlackBerry? Selidik punya selidik ternyata pembelian ScrOON merupakan bagian dari upaya BlackbBerry untuk mendatangkan profit dari aplikasi BBM baik di platform asli mereka maupun di Android dan iOS. Kesimpulan ini bukan sebuah rumor, sebab Alexandre Mars selaku pendiri ScrOON mengatakan kepada Bloomberg bahwa akuisisi tersebut adalah bagian dari upaya untuk mendapatkan keuntungan dari BBM, seperti yang dikutip oleh Ubergizmo.

Anda pastinya penasaran mengapa Blackberry memilih ScrOON yang terdengar asing. Bagi kita mungkin ya, tapi ScrOON ternyata bukan startup kemarin sore. Perusahaan spesialisasi jejaring sosial ini dipercaya untuk me-manage akun media sosial perusahaan-perusahaan raksasa seperti LVMH Moet Hennessy Louis Vuitton SA, operator nirkabel Orange SA dan juga salah satu rumah produksi nomor satu di dunia Warner Bros Entertainment.

Tak diketahui berapa dana yang harus dikeluarkan oleh BlackBerry untuk menjadi pemilik baru ScrOON, dan apakah ini ada hubungannya dengan dana segar sebesar $1 miliar dari Fairfax awal November lalu. Tapi yang jelas bersama ScrOON, BlackBerry dapat memanfaatkan kanal di BBM untuk menggarap sektor tertentu, misalnya menggaet klien untuk menjadi sponsor di kanal tersebut.

Rencana ini terdengar bagus, terutama dengan pengalaman ScrOON di dunia entertainment, fashion dan barang-barang mewah. Tapi, skema ini bisa saja berbeda dengan apa yang dipikirkan oleh petinggi BlackBerry, so kita tunggu saja kelanjutan ceritanya.

Sumber berita Ubergizmo, Bloomberg.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again