Categories

Gadget

Berwujud Sepatu, Footbeat Ialah Perangkat Wearable Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

Dengan mengenakannya, laju peredaran darah kita meningkat empat kali lipat.

Yoga Wisesa - 22 January 2018

Kedua kaki kita adalah pilar penting penunjang aktivitas sehari-hari, tapi karena terletak di bagian terbawah tubuh, seringkali kondisinya kita abaikan. Padahal, area kaki sudah lama menjadi fokus dari pengobatan alternatif karena dipercaya terhubung ke organ-organ lain. Dan berdasarkan studi yang dilakukan AVEX LLC, kesehatan kaki sangat memengaruhi sistem sirkulasi darah.

Inilah alasan yang mendorong perusahaan medis asal Kolorado itu mengembangkan Footbeat, yaitu perangkat yang memadukan teknologi wearable dan ranah fisiologi untuk memastikan penggunanya hidup lebih sehat. Dengan mengenakan Footbeat, waktu pemulihan dari sakit berjalan lebih cepat, kemudian teknologi ini juga mampu meminimalisir terciptanya laktat, serta membantu penyembuhan melalui percepatan sirkulasi di tubuh bagian bawah.

Footbeat tersedia berupa aksesori sol, atau satu set sepatu lengkap. Sistemnya terdiri dari sebuah ‘mesin’ plantar venous plexus yang diposisikan di tengah telapak kaki. Bagian ini dimaksudkan untuk memberikan tekanan secara berulang-ulang ke area lengkungan kaki. Jangan khawatir, hal ini tak akan membuat Anda merasa tidak nyaman atau mengurangi kelincahan gerak.

Perangkat wearable ini akan menghasilkan pijatan ke kaki dalam jeda yang konsisten. Sensasinya hampir serupa ketika Anda berlari atau berjalan. Dua model Footbeat yang disediakan oleh AVEX LLC punya interval denyutan berbeda. Footbeat Health berdenyut setiap 35 detik, sedangkan Footbeat Sport menekan telapak kaki per 20 detik. Bagian tersebut menekan selama dua detik sebelum kembali ke posisi normal.

Tekanan pada lengkungan di kaki efektif buat mempercepat laju peredaran darah sebanyak empat kali. Implementasi di sana membuat tubuh kita meresponsnya dengan melepas zat-zat kimia yang dapat memperlebar pembuluh darah (efeknya ialah menurunkan tekanan darah), mengurangi rasa sakit dan mencegah trombosit terkumpul di satu tempat. Efek langsungnya adalah kaki jadi terasa lebih ringan.

Dampak positif Footbeat pada tubuh sudah dibuktikan oleh para ahli kesehatan dan olahragawan profesional. Laju pembersihan asam laktat berjalan lebih cepat, lalu alat ini juga meningkatkan performa olahraga. Footbeat telah digunakan oleh banyak atlet terkenal – satu contohnya adalah juara dunia triathlete Ellen Hart. Dan layaknya perangkat wearable, fungsi dan fitur Footbeat bisa diakses dari smartphone via app.

Footbeat sudah dapat dipesan. Satu paket lengkapnya dijual seharga US$ 450.

Harganya itu memang terbilang mahal, namun jika Footbeat betul-betul seefektif klaim AVEX LLC dalam memperlancar peredaran darah, maka ia bisa sangat bermanfaat bagi pekerja yang harus menghabiskan berjam-jam sehari untuk mengetik di depan komputer (contohnya kami para penulis di media teknologi).

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter