25 June 2018

by Yoga Wisesa

Biarkan si Kecil Berkreasi Menciptakan Kendaraan Sesuka Hati Dengan Infento

Pendekatannya mirip Lego atau Meccano, tetapi skalanya lebih besar.

Tantangan terbesar orang tua setelah memperkenalkan keajaiban teknologi mobile pada buah hatinya ialah memastikan aktivitas sehari-hari mereka tetap seimbang. Konten-konten virtual bisa jadi sangat menarik sehingga anak-anak sulit melepaskan gadget. Hal ini menjadi perhatian dua orang inventor bernama Spencer Rotting dan Sander Letema.

Menurut kedua individu ini, menjaga anak-anak tetap penasaran pada lingkungan di sekitarnya serta menyemangati mereka buat bereksperimen adalah tanggung jawab orang tua. Berbekal teknologi modern dan konsep mainan fisik, Rotting dan Letema memperkenalkan Infento, yaitu mainan konstruksi yang mempersilakan si kecil menciptakan kendaraan sesuai imajinasi mereka. Pendekatannya mirip Lego atau Meccano, tetapi skala Infento lebih besar.

Infento adalah kit mainan modular, dirancang untuk anak-anak berusia 6 sampai 14 tahun. Dengannya, mereka bisa menciptakan beragam jenis kendaraan, dari mulai otoped dan sepeda dalam berbagai wujud, hingga 'gerobak'. Infento juga memberikan kesempatan buat orang tua untuk menghabiskan waktu bersama buah hatinya sembari mengajarkan mereka ilmu konstruksi dasar.

Infento sebetulnya telah diperkenalkan di tahun 2015. Dan kampanye crowdfunding terkini di Kickstarter dimaksudkan untuk mengekspansi pilihan kendaraan. Dari enam kit yang tersedia, anak-anak bisa merakit 32 kendaraan berbeda. Produsen juga telah menyiapkan berbagai mekanisme gerakan dan kendali, misalnya menggunakan setang vertikal buat mengarahkan board, menciptakan skateboard, hingga memperkenankan kita membekalinya dengan motor listrik.

Untuk menjaga keamanan berkendara, tim Infento memanfaatkan sistem 'Stabilizr' berbasis tali karet. Sesuai tingkat kelenturannya, karet bisa disesuaikan dengan bobot dari pengendara. Dan seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kita bisa menyematkan motor listrik brushless ePulse di Infento. Motor ini punya dua level kecepatan, bisa melaju di 5-km/jam atau 11-km/jam.

Cara pemakaiannya mirip sepeda motor: putar setang ke belakang untuk maju, atau tekan tombol dan putar ke arah sebaliknya buat mundur. Motor ini ditenagai oleh baterai lithium-ion 4Ah. Posisi baterai bisa diubah-ubah, dan dapat beroperasi selama 60 menit non-stop dengan waktu pengisian cuma dua jam.

Gerbang penjualan Infento sudah dibuka, tapi sayang sekali baru konsumen dari negara-negara tertentu saja yang bisa memesannya. Untuk sebuah mainan keluarga, harganya tergolong masuk akal. Versi Pioneer Kit Infento dijajakan mulai dari US$ 180 di Kickstarter, sudah termasuk sistem Stabilizr dan '350 part' perakitan berkualitas tinggi.

Melihat potensi Infento, saya sangat berharap tim produsen terpanggil untuk memasarkannya secara lebih luas.