Bincang-Bincang Dengan Francis Han Tentang Oracle Business Analytics

Memproses data mentah dan tak terstruktur menjadi data matang bukanlah hal yang mudah. Banyak perusahaan dan lembaga yang menghabiskan banyak waktu serta biaya hanya untuk menangani hal ini. Itu alasannya Oracle mengenalkan sistem Business Analytics terbaru dengan fitur Endeca di dalamnya.

Apa itu Oracle Endeca? Ia adalah kemampuan dimana perusahaan atau lembaga bisa menterjemahkan data dari konten-konten tidak terstruktur seperti jejaring sosial, website, sistem pengelolaan konten, data teks mentah dari dokumen, email dan lain-lain, serta mengkombinasinya dengan analisa data-data yang lebih terstruktur seperti gudang data dan sistem CRM atau ERP. Mengapa hal ini penting? Berdasarkan data yang Oracle berikan, sistem ini bisa mempercepat proses pengolahan data dari yang membutuhkan tahunan hingga hanya beberapa minggu saja.

Oracle Endeca juga memudahkan Anda mengerti sumber data baru dan melakukan respon tanpa banyak bergantung pada TI. Itu berarti sistem ini sangat cocok digunakan di industri menengah ke bawah yang membutuhkan optimalisasi sumber daya dan juga efisiensi. Dengan tampilan multimedia interaktif yang dimilikinya, konsumen bisa dengan mudah mengutak-atik data sembari mengkutomisasi visual tanpa sama sekali mengetikkan satu kode pun.

Beberapa waktu lalu saya cukup beruntung bisa berbincang-bincang dengan Francis Han selaku GM Oracle Business Analytics untuk kawasan Asia Tenggara. Awalnya saya cukup bingung mengapa Trenologi diundang ke acara bertema 'bisnis' ini - saya sendiri tidak terlalu berkopentensi di bidang ini. Namun tampaknya Oracle ingin produknya ini dilihat dari perspektif teknologi. Di bawah ini adalah hasil tanya jawab kami.

Trenologi: Infrastruktur dan sumber daya apa yang harus dimiliki perusahaan agar bisa memanfaatkan solusi Oracle Business Analytics?

Francis Han: Tentu saja mereka harus memiliki server sendiri. Kemudian mereka membutuhkan satu orang untuk mengelola implementasi proyek ini dari awal sampai akhir. Mereka juga membutuhkan seorang staf lagi untuk melakukan analisa dan aplikasi secara terus-menerus setelah program ini dijalankan.

T: Apakah para staf harus lebih dulu dilatih oleh Oracle? Atau dapatkah Oracle menyediakan sumber daya yang dibutuhkan untuk mengimplementasi dan menjalankan sistem Business Analytics?

F: Tentu saja, Oracle akan membantu menyediakan konsultasi untuk membantu perusahaan dalam menjalankan Business Analytics, dan jika mereka membutuhkan sumber daya manusia yang kompeten, Oracle memiliki program Oracle Academy untuk melakukan pelatihan.

T: Dapatkah Oracle Business Analytics bekerja berbarengan dengan sistem non-Oracle yang telah lebih dulu berjalan? Dan seberapa cepat sebuah perusahaan mengadopsi sistem ini?

F: Oracle Business Analytics bisa bersinergi dengan sistem yang sudah ada. Dan waktu yang dibutuhkan tergantung dari besarnya data yang mereka miliki dan seberapa kompleks sistem yang mereka butuhkan berdasarkan apa yang perusahaan itu butuhkan.

T: Seberapa akurat proses analisanya? Dan seberapa cepat ia berjalan?

F: Keakuratan merupakan bagian esensial dari software dan aplikasi kami. Jadi tentu saja sangat akurat. Sistem exalytics menambahkan sebuah elemen yang dibutuhkan analisa data, yang artinya mempercepat prosesnya.

T: Apakah Business Analytics bisa diaplikasikan ke data terstruktur, atau hanya untuk data tak terstruktur?

F: Ia bisa bekerja baik untuk data terstruktur dan juga tak terstruktur, dari berbagai sumber.

T: Anda menyebutkan bahwa sektor pendidikan bisa mengambil keuntungan dari Oracle Business Analytics. Menurut Anda seberapa cepat sekolah-sekolah di Indonesia bisa mengadopsi sistem ini?

F: Tentu saja semua ini membutuhkan kesadaran masyarakat akan sistem yang memudahkan ini. Ketika mulai banyak perusahaan-perusahaan menggunakan solusi ini, maka institusi sekolah akhirnya juga akan mulai mengerti bagaimana Business Analytics akan sangat memudahkan mereka.

T: Apa yang akan Oracle lakukan sebagai investasi dan komitmen untuk mendorong penggunaan Business Analytics di Indonesia?

F: Kami telah melakukan banyak investasi untuk mempublikasikannya di masyarakat. Kami telah mengadakan banyak event seperti seminar dan workshop untuk perusahaan agar mereka lebih familiar dengan Business Analytics, Big Data dan sistem cloud, serta keuntungan apa saja yang akan mereka dapatkan dari pengimplementasiannya.

T: Terima kasih.

Sumber foto: Terima kasih pada Fortune PR.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again