1. Startup

Bisnis Jasa Ala Tolongin.com

Hari gini semua orang serba sibuk, semua orang punya banyak kerjaan dan semua orang pasti butuh bantuan orang lain untuk mengerjakan banyak hal, 'tapi don't worry kami siap menolong Anda!'

Kalimat yang terakhir itu adalah tagline situs Tolongin.com, situs asal Surabaya yang menyediakan jasa pembelian dan pengantaran barang. Dari situsnya bisa dilihat bahwa Tolongin.com didirikan sejak Maret 2009, dan mempunyai tujuan untuk memberikan solusi kepada masyarakat yang membutuhkan barang tetapi kesulitan transportasi atau tidak memiliki waktu karena kesibukannya. Mereka juga menjadi solusi yang tepat sebagai mitra bisnis layanan antar untuk rumah makan, toko, apotik dan lain sebagainya.

Konsepnya sederhana, Tolongin akan mengantarkan berbagai barang yang ingin Anda beli, caranya isi form permintaan tolong atau bisa juga lewat telepon, transfer uang yang dibutuhkan, kemudian Tolongin akan melakukan verifikasi, helper mereka akan segera datang ke tempat Anda, lalu langkah ketiga, permintaan akan diantarkan.

Layanan mereka termasuk pengantaran dokumen kantor, bisa sistem kontrak atau kondisional, tiket bioskop, pembayaran rekening air, telepon, PLN, pengantaran undangan, pembagian brosur, dll.

Tentu saja karena bisnis mereka jasa, pengguna akan dikenai biaya untuk antaran barang, ada 6 zona jarak mulai kurang dari 10 KM sampai diluar kota Surabaya (Sidoarjo dan Gresik) dengan kisaran biaya dari Rp. 10.00 - Rp. 35.000 untuk satu kali perjalanan.

Terdengar menarik? Sayangnya mereka hanya menjalankan usaha layanan jasa bantuan ini untuk daerah Surabaya saja, yang menjadi syarat pertama dari layanan mereka, selain itu barang yang akan diantarkan juga harus memungkinkan untuk dibawa menggunakan motor, serta harga barang yang akan diantarkan maksimal satu juta rupiah.

Sekilas mirip jasa antar paket dalam kota, namun Tolongin tidak hanya memberikan jasa antar barang, mereka juga menambah layanan mereka dengan jual buku serta layanan pemesanan makanan.

Untuk buku, Tolongin juga menyediakan sarana pinjam buku, dimana Anda bisa meminjam buku atau meminjamkan koleksi buku anda yang nantinya akan dipinjamkan lagi oleh Tolongin ke pihak lain dengan sistem bagi hasil yang 'masuk akal'.

Tolongin juga terbuka untuk menjadi mitra dengan usaha lain, seperti berbagai bisnis online, mitra bisnis untuk toko atau restoran yang akan menyediakan layanan antaran.

Tolongin.com ini, meskipun konsepnya tidak baru dan tidak full web service, tapi layanannya terasa Indonesia dan lokal sekali, mungkin dikarenakan layanannya seperti meminta tolong pada teman sendiri. Namun, jika dilihat dari sisi lain mungkin masih bisa menemui berbagai hambatan, seperti kepercayaan, biaya operasional serta mungkin kemacetan.

Tapi minimal mereka bisa menyatukan konsep bisnis online, yang diwakili dengan form online, promo online serta layanan sewa-beli buku dan fitur 'foodcourt', dengan konsep offline, seperti jasa antar barang. Mereka juga telah mendapatkan liputan oleh beberapa media cetak yang berarti layanannya menarik.

Bagaimana dengan pendapat Anda, apakah ada pembaca dari DailySocial yang berasal dari Surabaya? Pendapat Anda kami tunggu pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again