1. Startup

Punya Uang Lebih? Coba Ide Bisnis Modal 50 Juta Ini!

Temukan ide bisnis dengan modal Rp 50 Juta, Anda dapat mengerjakannya dari rumah atau membuka toko

Dunia bisnis terus berkembang pesat hingga saat ini. Banyak orang membuka bisnis, baik skala kecil sampai skala besar. Banyak cara memasarkan bisnis berkat bantuan adanya internet dan sosial media, Anda dapat memasarkan produk ke berbagai jangkauan.

Langkah pertama dalam membuka bisnis dan menjadi seorang entrepreneur  adalah menemukan ide bisnis yang bekerja sesuai keinginan dan keahlian Anda. Artikel ini akan membahas beberapa ide bisnis menarik yang dapat Anda coba dengan modal Rp 50 juta. Anda dapat mencobanya dengan berbisnis dari rumah dan berkembang hingga membuka toko sendiri. Yuk kita simak!

1. Bisnis Laundry

Credit: Pixabay

Tidak semua orang memiliki banyak waktu luang, sehingga mereka lebih memilih untuk mencuci pakaian di toko laundry. Untuk membuka jasa ini, lokasi Anda harus di tempat strategis, seperti dekat perumahan, area kos, kontrakan, apartment, atau di pinggir jalan.

Biaya untuk 1 kg pakaian biasanya dikenakan tarif mulai dari Rp 6.000. Harga dapat disesuaikan dengan area lokasi dan jenis pakaian. Setelah mendapatkan keuntungan, Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk mengembangkan usaha dengan menambah mesin cuci dan pengering pakaian.

Alat penunjang yang dibutuhkan adalah mesin cuci, pengering, setrika uap, instalasi air (jika diperlukan), timbangan, plastik kemasan, meja dan kursi, cairan pencuci pakaian, dan lainnya.

2. Toko Sembako

Usaha sembako ini cocok dijalankan jika lokasi yang Anda miliki jauh dari minimarket, pasar, mall. Toko sembako menyediakan banyak kebutuhan pokok sehari-hari, mulai dari beras, telur, susu, minyak, deterjen, kebutuhan mandi dan masih banyak lagi. Tentunya hal tersebut sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari.

Toko sembako termasuk salah satu peluang usaha yang menjanjikan untuk dijalani, karena setiap harinya pasti ada yang membeli. Jika Anda punya modal Rp 50 juta, maka anda bisa memulai membuka usaha toko sembako dengan skala yang cukup besar.

3. Toko Kecantikan

Credit: Pixabay

Meski bukan kebutuhan pokok, saat ini banyak orang  yang mulai memperhatikan kecantikan diri, baik wanita hingga pria. Mulai dari kebutuhan skincare sampai kosmetik. Kebutuhan kosmetik bukan hanya diperuntukkan diri sendiri, namun juga bisnis, seperti MUA (Make Up Artist), salon kecantikan, bahkan beauty influencer.

Bisnis kosmetik dapat Anda mulai jalankan secara online di marketplace, atau Anda juga bisa buka toko kecil dengan biaya sewa murah. Untuk memulai usaha offline, pemilihan lokasi adalah hal yang sangat penting untuk perkembangan usaha ini, pilih tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Anda perlu alat penunjang, seperti etalase kaca, rak, mesin kasir, cermin dan lainnya.

4. Bisnis Konveksi

Bisnis konveksi merupakan usaha yang bergerak dalam pembuatan pakaian. Barang-barang yang diproduksi oleh usaha konveksi meliputi berbagai jenis baju, celana,pakaian wanita, pria, anak, pakaian olahraga, maupun pakaian politik.

Industri konveksi bisa dibilang perusahaan yang sedang, karena tenaga kerjanya masih dibilang sedikit. Proses produksinya pun bisa dilakukan di rumah dengan ruangan yang cukup. Target pasarnya dari bisnis ini juga cakupannya luas.

Untuk memulai usaha ini tentunya anda harus memiliki peralatan dan perlengkapan yang digunakan, seperti bahan baku kain, mesin jahit, mesin obras, meja potong, mesin potong kain, dan yang lainnya.

5. Toko Kue

Credit: Pixabay

Usaha toko kue dapat diusahakan dengan modal Rp 50 juta. Membuka bisnis kue diperlukan bahan kue, oven, mixer, dan alat penunjang lain, seperti saringan, mangkok, plastik, loyang dan lainnya. Harga dari peralatan tersebut tidak lebih dari Rp 50 juta. Tentunya Anda perlu memiliki kemampuan dan keahlian untuk membuat kue.

Sebagai bisnis pemula, Anda dapat membuka usaha ini di rumah dengan menerima order melalui pemesanan via chat atau sosial media.

6. Bisnis Fotokopi

Bisnis fotokopi biasa dibarengi dengan kebutuhan alat tulis dan perkantoran. Usaha fotokopi sangat menjanjikan jika Anda tinggal di sekitar sekolah atau perkantoran. Lokasi yang strategis akan menuntun kepada keuntungan yang melimpah.

Selain fotokopi, Anda juga dapat menyediakan jasa print dan juga cetak foto untuk menambah keuntungan. Mengawali usaha ini, Anda dapat menyediakan 2 mesin fotokopi, satu komputer dan satu printer, serta alat penunjang lainnya.

7. Produk Fashion

Credit: Pixabay

Ada banyak sekali kategori produk fashion, yaitu sepatu, baju, pakaian muslimah, dan lainnya. Hal yang perlu diperhatikan, Anda harus menentukan sektor mana yang akan Anda ambil agar tidak mengalami kerugian. Anda harus fokus pada satu sektor.

Anda dapat membuka toko fashion khusus hijab dan aksesorisnya. Dengan Memanfaatkan ruangan yang tidak terlalu besar, Anda dapat memajang ratusan kain hijab, baik pasmina, voal, dan lainnya. Oleh karena itu, bisnis populer ini bisa dimulai hanya dengan modal sekitar tidak lebih dari Rp 50 juta.

8. Franchise Makanan dan Minuman

Bisnis franchise saat ini sudah berkembang, terutama di bidang makanan dan minuman. Banyak juga bisnis ini bekerja sama dengan artis, sehingga berkembang pesat.

Membuka franchise ini memiliki variasi biaya investasi, untuk minuman biasanya jauh lebih murah mulai dari sekitar Rp 5 juta, artinya Anda bisa membuka beberapa franchise sekaligus di beberapa tempat, sedangkan untuk franchise makanan biasanya lebih mahal, dengan modal investasi sekitar Rp 15 juta bahkan lebih mahal tergantung jenisnya. Untuk membuat usaha franchise Anda tetap berkembang, Anda dapat menjual produk yang dikenal dan laku di pasaran.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again