MSME Tutorial

Bisnis Online Tanpa Modal di Lazada? Intip Caranya di Sini!

Bukan tidak mungkin, masyarakat kini dapat berbisnis online tanpa modal. Di tengah melesatnya perkembangan media sosial dan marketplace saat ini, mendapatkan penghasilan menjadi semakin mudah.

Apa yang dimaksud dengan bisnis onlinetanpa modal? Perlu diketahui, tanpa modal dalam konteks ini adalah tanpa mengeluarkan modal uang. Misalnya, uang untuk keperluan produksi, tempat, dan semacamnya.

Bisnis online tanpa modal relatif sederhana. Kuncinya adalah riset, relasi dan konsistensi. Konsep bisnis seperti ini salah satunya dapat dilakukan melalui program affiliate marketing, yang saat ini marak diadakan oleh banyak marketplace di Indonesia.

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing merupakan model bisnis online paling populer saat ini. Konsepnya adalah seseorang dibayar ketika berhasil menjual produk dari perusahaan penyelenggara program. Anda tidak perlu menyediakan produk atau jasa apa pun untuk dijual.

Cara kerjanya cukup dengan memasarkan produk perusahaan terkait secara online, dengan memanfaatkan internet melalui media sosial. Setiap penjualan yang dihasilkan dari promosi akan mendapat komisi, sesuai kesepatakan bersama.

Program Lazada Affiliate

Salah satu marketplace di Indonesia yang saat ini mempunyai program affiliate marketing adalah Lazada, yang disebut “Lazada Affiliate Program”.

Lazada Affiliate sendiri merupakan program kerja sama Lazada dengan berbagai pemilik usaha dan content creator sebagai mitra affiliate. Tujuan yang ingin dicapai adalah mendorong penjualan pada platform Lazada.

Mitra affiliate nantinya membuat konten promosi produk-produk Lazada. Konten dibagikan ke media sosial, sambil menyertakan tracking link yang mengarah ke platform Lazada. Komisi yang dijanjikan yakni hingga 15% dari harga produk yang terjual dari hasil promosi tersebut.

Tips Promosi Agar Banjir Komisi

Ada pun beberapa tips yang dibagikan Lazada, agar mendapatkan komisi besar dari program Lazada Affiliate. Antara lain sebagai berikut:

  • Tingkatkan Koneksi

Memiliki koneksi yang luas adalah salah satu cara meraih keuntungan besar dari affiliate marketing. Semakin banyak audience yang dijangkau, maka semakin besar peluang produk terjual dari hasil promosi.

Keluarga dan teman terdekat, biasanya cenderung mendengarkan rekomendasi anda terlebih dahulu. Anda juga dapat meminta mereka untuk membantu Anda mendapatkan lebih banyak klik dan konversi, dengan membagikan konten Anda.

  • Gunakan Media Sosial Sebanyak-banyaknya

Media sosial adalah tempat paling mudah untuk mengunggah konten promosi Anda. Semakin banyak media sosial yang digunakan untuk affiliate marketing, semakin luas jangkauan Anda.

Rekomendasi media sosial yang dapat digunakan untuk affiliate marketing, antara lain: Tiktok, Instagram, Youtube, Twitter, Facebook, hingga blog/website.

  • Buat Konten Sesuai Tren

Jika ingin konten promosi Anda menarik perhatian audience. Anda perlu membuat konten kreatif dengan mengikuti perkembangan tren yang ada. Konten kreatif dapat diciptakan dengan ide yang segar, skill editing yang baik, dan deskripsi produk yang jelas.

Lazada memiliki beragam jenis usaha dengan beragam produk di platformnya. Mitra affiliate juga tidak diberikan batas untuk mempromosikan produk. Sehingga, Anda dapat dengan leluasa mempromosikan produk sesuai dengan karakter konten di media sosial milik Anda.

Video: Tips Membuat Konten Promosi Link Affiliate.

https://www.youtube.com/watch?v=OzFdUhj885s

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again