1. Startup

Bit.ly Tawarkan Fasilitas 'bundel'

Layanan pemendek URL bit.ly kini menawarkan salah satu fasilitas yang memudahkan para penggunanya untuk mempaketkan berbagai tautan yang telah dibuat dalam satu bundel tautan URL. Seperti layaknya budel edisi majalah cetak, tautan yang menggunakan bit.ly memungkinkan untuk disatukan dalam budel khusus, yang bisa dijadikan dalam satu URL saja.

Berbagai tautan yang masih dalam satu topik bisa disatukan dan ditampilkan dalam satu URL dengan detail yang cukup lengkap, bundel dari bit.ly ini bisa ditambahkan tautan baru, dipindahkan atau diatur ulang, dan karena bundel ini akan berbentuk satu tautan saja, maka akan lebih mudah untuk dibagikan ke layanan lain seperti Twitter atau Facebook.

Selain menyatukan berbagai tautan dalam satu topik, seperti yang dijelaskan oleh bit.ly di situs mereka, fasilitas tautan bundel dari bit.ly ini jika dilihat oleh pengguna lain akan menampilkan preview, sehingga pengguna lain bisa melihat dulu tautan konten yang ada pada suatu bundel sebelum memilih untuk membuka salah satu tautan tersebut.

Untuk menikmati layanan ini, pengguna harus mempunyai akun di bit.ly dan sign in, tempatkan beberapa tautan yang ingin dipendekkan pada kolom pemendek URL yang tersedia di layanan bit.ly, setelah tautan dipendekkan nantinya akan ada ikon bertuliskan 'bundle' untuk membuat bundel dari beberapa tautan yang telah ditambahkan.

Setelah bundel dibuat, pengguna bisa mengatur berbagai tautan yang ada di bundel, klik pilihan 'collapse view' atau ikon berbentuk seperti halaman majalah, yang ada pada bagian kanan halaman bundel Anda, kemudian atur posisi tautan atau hilangkan, jika tautan tersebut tidak ingin dimasukkan dalam bundel.

Anda juga bisa mengubah/memberikan judul pada bundel yang dibuat, mengubah atau menambahkan judul pada tautan yang ada di bundel serta menambahkan deskripsi pada tautan tertentu, serta tersedia juga fasilitas untuk melihat preview bundel yang telah disusun. Jika Anda telah memberikan atau membagikan bundel tautan ini pada pengguna lain, mereka juga bisa memberikan komentar atas bundel yang telah Anda buat, dengan menggunakan fasilitas dari Disqus.

Fasilitas ini juga bisa digunakan untuk membagikan tautan yang disatukan dalam bundel tertentu di mana tautan tersebut memiliki rich media content, seperti video dan foto, bundel dari bit.ly ini akan memberikan preview atas media-media ini berkat kerjasama bit.ly dengan embed.ly. Bit.ly juga akan menyediakan fasilitas click count untuk masing-masing tautan yang ada pada bundel.

Yang menjadi menarik tentu saja bagaimana para pengguna layanan bit.ly mengadaptasi fasilitas ini, saya sendiri masih dalam proses menyusun satu topik tertentu, namun jika melihat beberapa contoh yang disediakan oleh bit.ly, bundel ini mirip seperti halaman majalah, tampilan berupa satu halaman lengkap dengan topik tertentu, serta beberapa sub konten (dalam bentuk tautan) yang bisa dilengkapi oleh deskripsi atau keterangan singkat, foto (jika tersedia) dari tautan yang ada di bundel.

Fasilitas ini juga memiliki unsur sosial dan personal, karena setiap pengguna bisa menambahkan komtentar tambahan tentang tautan tertentu, pengguna lain yang membaca/membuka tautan bundel juga bisa memberikan komentar sehingga proses sosial bisa terus berlanjut.

Untuk melihat beberapa contoh dari bundel ini, bisa dilihat pada tautan ini, atau melihat bundel 'sederhana' yang telah saya buat pada tautan ini.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again