Bitspark Limited yang berbasis di Hong Kong menggandeng PT Artabit Indonesia (ArtaBit) untuk menggelar layanan remiten bagi tenaga kerja Indonesia yang bekerja di Hong Kong ke Indonesia. Layanan ini mengutilisasi bitcoin sebagai metode transfer elektronik berbiaya murah. Sebelumnya Bitspark telah menggelar layanan serupa ke Filipina.

Selama ini proses remiten ke tanah air bisa dilakukan melalui perbankan maupun operator telekomunikasi, tetapi biaya yang dikenakan memang tidak sedikit. Bitcoin bisa dilihat sebagai alat pembayaran yang memudahkan transfer elektronik, termasuk mengurangi biaya layanan, karena mengurangi perantara dan kerumitan sistem yang dilaluinya. Meskipun tidak secara resmi diakui oleh Bank Indonesia sebagai alat pembayaran yang sah, bitcoin masih bisa digunakan dengan risiko yang ditanggung sendiri.

Proses penggunaannya untuk melakukan remiten cukup mudah. ArtaBit telah menyiapkan halaman Remit untuk memasukkan nilai uang yang ingin dikirim dalam Rupiah. Nantinya secara otomatis ArtaBit mengkonversi nilai tersebut dalam Bitcoin. Setelah memasukkan nama dan alamat email penerima dana, pengirim bisa memilih apakah nantinya dana yang dikirim melalui ArtaBit akan diterima melalui bank atau kantor pos.

Penggunaan bitcoin hanya dilakukan saat dana dikirimkan dari Hong Kong ke Indonesia. Pengirim bisa menggunakan mata uang setempat saat mengirim dan diambil tunai oleh penerima dengan mata uang setempat juga.

artabit_remiten

CEO Bitspark George Harrap dalam rilis persnya mengatakan, “Kami sangat senang bisa memberikan layanan berbiaya rendah ke Indonesia bekerja sama dengan PT Artabit. Indonesia merupakan peluang besar dan fokus kunci kami. Negara ini merupakan pasar yang berbeda dalam hal logistik dan distribusi dibandingkan Filipina karena banyak orang yang menggunakan kantor pos sebagai lokasi pengambilan tunai yang utama, bukan gerai remiten pihak ketiga.”

Lebih lanjut George menambahkan, “Kami adalah opsi termurah untuk mengirim uang ke Indonesia dan meskipun layanan remiten lain juga bisa mendukung pengambilan tunai di bank atau kantor pos, kami juga melakukan hal yang sama dengan lebih cepat dan lebih murah ketimbang kompetitor. Ini adalah kondisi win win untuk konsumen.”

Business Development Director PT Artabit Denny Muktar berkomentar, “Di ArtaBit kami melihat kekuatan bitcoin sesungguhnya, tidak cuma sekedar mata uang, tetapi saran protokol transportasi. Hanya sedikit yang mengetahui soal SWIFT atau pernah mendengarnya. Meskipun demikian triliunan dollar mengalir menggunakan protokol ini. Dengan kemitraan kami dengan Bitspark, tidak perlu ada yang memahami atau mengetahui keberadaan bitcoin.”

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.