Categories

Berita

BlackBerry Masih Optimis dengan BBM Money, Ekspansi ke Platform Android dan iOS

Amir Karimuddin - 19 September 2014

Seperti diisyaratkan sebelumnya, solusi mobile money BlackBerry Messenger (BBM) Money dibuka untuk platform iOS dan Android. Ketersediaan BBM Money di BlackBerry versi baru dan Android dijadwalkan per akhir tahun ini, sementara untuk iOS di awal tahun 2015. BBM Money masih akan difokuskan di pasar Indonesia yang potensial, dengan Monitise sebagai pengembang dan PermataBank selaku partner pengelola. Selain pengembangan BBM Money, di kesempatan yang sama BlackBerry juga mengumumkan kerja samanya dengan TransferTo untuk kemudahan kirim pulsa telepon antar kontak melalui BBM.

Uji coba BBM Money sepanjang tahun 2013 yang kurang sukses justru mendorong BlackBerry untuk lebih jor-joran mengembangkan produknya ini. Ketersediaannya yang eksklusif di versi lama BlackBerry yang tidak lagi populer disinyalir merupakan akar permasalahan implementasi BBM Money sejauh ini, meskipun produk seperti ini nyata-nyata memiliki potensi yang menarik mengingat kepemilikan telepon seluler di Indonesia jauh lebih tinggi ketimbang nasabah perbankan.

President Global Enterprise Services BlackBerry John Sims mengungkapkan, "Dengan menggabungkan DNA BlackBerry dalam hal keamanan, dan kolaborasi real-time serta atribut privasi BBM, secara unik kami ada di lingkungan mobile payment yang sedang berkembang. Kemitraaan mobile payment yang baru terjalin ini mengukuhkan upaya BlackBerry untuk mengembangkan BBM secara efektif dari pengalaman percakapan langsung (real-time chat) hingga menjadi sarana interaksi sosial dan e-commerce. Sekedar mengirim foto-foto dan dokumen ke grup atau kontak, hingga berbagilokasi atau mengirim uang atau pulsa -semuanya dapat dilakukan melalui BBM - pengalaman real-time pengguna BBM semakin menjadi lebih kaya."

Sebagai partner pengelola, Retail Banking Director PermataBank Bianto Surodjo masih mempertahankan optimismenya dengan mengatakan, "Permata Bank mengambil peranan penting dalam menghadirkan BBM Money di Indonesia. Selain menjadi bank yang menerbitkan, memperoleh lisensi perbankan yang diperlukan, dan memastikan BBM Money memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh regulasi dari Bank Indonesia, PermataBank juga menggunakan pengalaman serta keahlian dalam transaksi pembayaran enterprise dan bekerjasama dengan retailer untuk mendorong adopsi penggunaan BBM Money sebagai cara mudah untuk membayar."

Tidak ada target yang ditetapkan untuk implementasi BBM Money model baru ini, tetapi seperti diungkapkan oleh EVP Monitise Asia Pacific Darren Sugden, mereka ingin menempatkan Indonesia di baris depan untuk mobile payment dan inovasi perdagangan (commerce). Monitise sendiri akhir Juni lalu mengambil alih pengembangan BBM Money secara penuh dengan mengakuisisi saham Astra Graphia Information Technology dalam joint venture AGIT Monitise Indonesia.

Dalam acara ini juga diumumkan solusi pengiriman pulsa antar kontak kontak BBM yang diharapkan memperkaya pengalaman penggunaan aplikasi messaging yang menghadapi persaingan semakin keras dewasa ini.

CEO TransferTo Eric Barbier menjelaskan, "Mengintegrasikan jaringan transaksi pulsa global milik TransferTo dengan BBM memberikan cara yang mudah dan simpel untuk melakukan pengiriman antar pengguna dengan nilai yang kecil. Hampir 80 persen pengguna ponsel adalah pelanggan prabayar, mengirimkan pulsa prabayar akan membuat pengguna BBM akan selalu terhubung dengan keluarga dan teman mereka di luar negeri. Ditambah dengan kemudahan yang ditawarkan oleh layanan ini merupakan keuntungan lebih bagi para pengguna, hal ini juga memberikan mitra operator selular kesempatan untuk memanfaatkan jangkauan dan tingkat interaksi pengguna BBM."

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter