31 January 2013

by wiku

BlackBerry Perkenalkan Secara Resmi BlackBerry 10: Z10 dan Q10 dan RIM 'Ubah Nama' Jadi BlackBerry

Tanggal yang dinantikan telah hadir, secara resmi BlackBerry 10 diperkenalkan, tidak hanya sistem operasinya tetapi dua jenis perangkat BB 10, yaitu BlackBerry Z10 dan BlackBerry Q10.

BlackBerry Z10 adalah perangkat BB 10 dengan layar sentuh. Nama ini sesuai dengan rumor yang beredar sebelum acara peluncuran resmi. Perangkat Z10 ini akan tersedia dalam dua warna, hitam dan putih. Layar 4.2 inci dengan 356ppi dan LCD Display 1.280 x 768 WXGA resolusi HD, tinggi 5.1 inci dan lebar 2.6 inci dengan ketebalan 0.35 inci. Kamera depan 2 megapixel, Micro-HDMI port dan Micro-USB. Dual core CPU 1.5 GHz, kapasitas penyimpanan dasar 16GB dengan 2GB RAM, NFC. Kamera depan 8 megapixel - 1080p video.

Sedankan Q10 adalah perangkat BlackBerry 10 hybrid. Selain keyboard khas BB ponsel ini juga dilengkapi dengan 3.1 inci layar sentuh. Layar Amoled 720 x 720.

Untuk BlackBerry 10 sendiri dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan, beberapa telah kita lihat bocorannya dan kini diperkenalkan secara resmi. Beberapa diantaranya yang menjadi highlight antara lain BlackBerry Hub yang menjadi satu tempat untuk segala aktivitas, pengguna bisa melihat notifikasi dan bisa langsung membalas dari hub ini.

Fitur lain adalah BlackBerry Keyboard yang dilengkapi dengan prediksi kata, dukungan atas berbagai bahasa. Pengalaman yang menyenangkan dan terbaik juga dijanjikan RIM baik pada layar sentuh atau yang dilengkapi keyboard.

Fitur lainnya seperti BlackBerry Balance yang memungkinkan pengguna membedakan wilayah pekerjaan dan penggunaan personal, lalu untuk fitur yang ada di BBM, disediakan fasilitas BBM video, BBM screenshare. Ada pula aplikasi baru yang terintegrasi dengan BB 10 yaitu BlackBerry Remember yang berguna sebagai pengingat atas berbagai hal yang dibutuhkan dalam satu tempat, surel, catatan, foto dll. BB 10 ini juga dilengkapi oleh BlackBerry StoryMaker yang bisa digunakan untuk membuat slideshow dengan musik, foto, video langsung dari perangkat BB 10.

Kamera di BB 10 juga dilengkapi dengan editor gambar, serta Time Shift yang memungkinkan pengguna untuk memilih foto terbaik dari foto yang diambilnya.

Selain memperkenalkan dua perangkat serta sistem operasi terbaru mereka RIM atau Research In Motion juga melakukan rebranding nama perusahaan dan mengubahnya menjadi BlackBerry. Jadi kini tidak ada lagi RIM hanya ada satu nama BlackBerry. Dalam peluncurannya mereka juga menonjolkan tagline 'one brand one promise' untuk perubahan identitas ini. Kode saham juga berubah menjadi BBRY di NASDAQ dan BB di TSX.

Saat ini BlackBerry memiliki 12.000 karyawan global dan 60 juta pengguna BBM. Dengan perubahan ini BlackBerry bertransformasi dan memperbaharui visi mereka.

Dibawah ini adalah penampakkan dari dua perangkat BB 10 serta video demo.

 

Sumber tulisan disarikan dari beberapa sumber: TheVerge 1, 2, 3Cnet, Engadget. Sumber foto dan video: Blogs.blackberry.com.