20 September 2014

by Bambang Winarso

BlackBerry Siapkan Dua Model Smartphone Baru Bernama 'Visa' dan 'Victoria'?

Kiprah BlackBerry di ranah smartphone memang tak sementereng dulu, namun anggapan bahwa BlackBerry sudah mati tampaknya tak sepenuhnya benar.

Terbukti beberapa hari yang lalu perusahaan asal Kanada itu meluncurkan seri terbaru Porsche Design Pā€™9983. Bahkan baru-baru ini muncul rumor yang menyebutkan BlackBerry tengah menggodok dua varian baru bernama Visa dan Victoria.

Kabar BlackBerry Visa dan Victoria 'dihembuskan' oleh BerryReview yang kemudian dipublikasikan kembali oleh Ubergizmo. BerryReview menuturkan bahwa nama kedua smartphone yang menjadi cikal bakal jagoan baru BlackBerry tersebut bermula dari penemuan aplikasi paten tertanggal 9 September 2014 dengan judul "storable keyboard having a pivoting cover".

Teknologi yang dijelaskan dalam paten tersebut merupakan rancangan keyboard QWERTY baru yang akan diterapkan oleh BlackBerry ke smartphone Visa dan Victoria. Tampaknya BlackBerry sadar betul bahwa kehadiran tombol fisik QWERTY di perangkat BlackBerry adalah sebuah keharusan yang terbukti menjadi jurus ampuh untuk menarik minat konsumen.

 

 

Info Menarik: Video Drop Test iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

 

 

Meskipun memperoleh sentuhan rancangan baru, keyboard ini kemungkinan besar masih berbasiskan QWERTY, hanya saja BlackBerry merancang mekanisme baru sehingga tombol dapat ditampilkan hanya satu baris atau tiga baris sesuai kebutuhan pengguna.

Seperti terlihat di dalam gambar di atas, perangkat memiliki rancangan lazimnya smartphone terkini. Namun khusus di bagian keyboard dapat diperpendek atau diperpanjang. Apabila membutuhkan akses navigasi via layar sentuh, pengguna dapat menggeser keyboard sehingga terlihat hanya satu baris tombol.

Sebaliknya bila membutuhkan keyboard untuk mengetik, cukup dengan satu tarikan di bagian bawah perangkat pengguna dapat memunculkan kembali ketiga baris tombol.

Kabarnya perangkat akan membawa layar 5,5 inci dengan resolusi 1440p dan ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 801. BerryReview yakin kedua smartphone baik Visa maupun Victoria akan menampakkan diri di kuartal kedua 2015 atau mungkin lebih cepat.

Sumber berita Ubergizmo.Ā Gambar header:Ā gotvideo/Shutterstock.