19 December 2013

by wiku

BlackBerry Umumkan Kerja Sama dengan LG

BlackBerry umumkan bahwa mereka telah memiliki kesepakatan dengan LG untuk melakukan preinstal BBM di perangkat dari LG Electronics.

BBM nantinya akan disematkan secara langsung di perangkat LG G Pro Lite untuk pasar seluruh dunia. Akses untuk BBM ini akan disematkan secara standar ataupun menggunakan metode virtual preloading (menggunalan LG App Manager).

BBM menjadi ‘produk emas’ dari BlackBerry karena minat atas layanan pesan yang dulunya eksklusif hanya untuk pengguna BlackBerry ini cukup diminati oleh para pengguna di luar platform BB setelah tersedia untuk pengguna Android dan iPhone.

Meski pada awal peluncurannya terdapat berbagai kendala namun BlackBerry akhirnya bisa mendapatkan jumlah pengguna yang cukup signifikan.

Dalam rilis resmi, LG yang menjadi mitra BlackBerry juga menyebutkan beberapa pasar yang menggunakan BBM secara aktif, Indonesia adalah salah satunya, wilayah lain yang dianggap sangat aktif menggunakan BBM adalah Asia Timur dan Afrika.

Di Indonesia sendiri fasilitas preloaded BBM untuk smartphone atau promosi BBM sebagai penarik dalam menjual perangkat sudah menjadi hal yang lumrah untuk promosi penjualan produk Android, bahkan iPhone.

Beberapa waktu sebelumnya, BlackBerry juga mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan OEM lokal untuk menghadirkan BBM yang disematkan secara langsung di berbagai ponsel lokal. Info bisa dilihat di sini.

Dengan menyebutkan Indonesia sebagai negara penting dalam sebaran BBM di pengumuman mereka bersama LG, meski belum ada pernyataan resmi bisa dipastikan bahwa perangkat LG G Pro Lite ini juga akan masuk ke pasar Indonesia.

Kemitraan ini tentunya untuk mendorong adanya penambahan pengguna, baik untuk BBM maupun untuk konsumen yang membeli produk LG.

Sepertinya ini juga bukan kali terakhir BlackBerry akan mengumumkan kemitraan untuk mendorong adopsi BBM di luar platform BB. Setelah ‘mengorbankan’ BBM yang dilepas dari ranah ekslusifnya, tentunya BlackBerry tidak ingin setengah-setengah untuk mempromosikan dan merengkuh banyak pengguna. Kita liat perkembangan selanjutnya, mitra siapa lagi yang akan mereka gaet.