28 November 2013

by wiku

Ini Daftar Merek Ponsel Android Lokal yang Akan Pre-install BBM

Beberapa hari kemarin, BlackBerry secara resmi mengumumkan sebuah kabar yang akan memembuat para pengguna ponsel Android lokal yang ingin berkomunikasi menggunakan BBM (BlackBerry Messenger) berbahagia.

BlackBerry akan menghadirkan BBM secara pre-install bekerja sama dengan berbagai OEM dari Afrika, India, Indonesia, Latin Amerika serta Timur Tengah. Menurut pengumuman resmi, perangkat Android dari OEM di wilayah yang disebutkan di atas akan mulai di tanamkan aplikasi BBM pada bulan depan.

Nah, untuk merek perangkat Android lokal yang jadi mitra antara lain adalah perangkat dari Evercoss, IMO, Mito, TiPhone, Snexian dan Micromax. Selain itu BlackBerry juga bekerja sama dengan OEM lain seperti Be, Brightstar, Celkon, Spice, TECNO, dan Zen.

Jika melihat dari nama brand dari ponsel Android yang disebutkan di atas, bisa dipastikan bahwa BBM akan semakin populer di produk untuk pasar menengah dan bawah.

Dalam rilis resminya, BlackBerry juga menyoroti bagaimana minat yang tinggi atas BBM sejak diluncurkan untuk pengguna Android dan iPhone. BlackBerry sepertinya tidak ingin kehilangan momentum ini dan menggelar kerja sama dengan berbagai OEM dan menghadirkan aplikasi BBM secara pre-install.

Popularitas dari BBM ini juga sepertinya akan menjadi senjata bagi para merek lokal untuk menggaet konsumen dan membeli produk Android mereka. Janto Djojo, CMO dari Evercoss menyebutkan bahwa BBM sangat populer di Indonesia dan sejak kehadirannya di Android menjadi aplikasi pesan yang harus dimiliki konsumen.

Selain mengumumkan kerja sama untuk pre-install BBM, BlackBerry juga menyebutkan bahwa aplikasi BBM untuk Android dan iPhone akan terus dikembangkan, berbagai update akan dihadirkan termasuk dukungan atas BBM Channels yang baru saja disediakan untuk pengguna BBM di perangkat BlackBerry.

Well, Indonesia dikenal sebagai salah satu pengguna yang sangat terbuka dengan aplikasi atau layanan pesan, BBM yang sebelumnya telah sangat populer-  karena basis perangkat BlackBerry di Indonesia yang besar - kini bisa mendapatkan momentum untuk semakin bertambah penggunanya dengan dukungan merek lokal, yang sudah bisa dipastikan akan gencar menggunakan BBM sebagai sarana promosi untuk menggaet konsumen. Menarik untuk terus melihat perkembangan BBM dan bagaimana BlackBerry akan membawa aplikasi ini untuk menjadi sumber pemasukan mereka.

Kita nantikan mulai bulan depan, bagaimana adopsi konsumen lokal atas perangkat ponsel lokal yang telah disematkan secara langsung aplikasi BBM.