1. Startup

BlackBerry Ungguli iPhone dengan Rasio 12-banding-1, Android Kuasai 20% Pangsa Pasar Smartphone

Seiring dengan pertumbuhan pasar ponsel di Indonesia, kami mulai mengumpulkan beberapa data yang mungkin bisa membantu untuk memahami pasar mobile dengan lebih baik. Kami telah menulis beberapa artikel tentang masa depan smartphone dan feature phone, tapi kami belum memberikan dukungan data, jadi artikel ini akan melengkapi hal tersebut.

Indonesia mengklaim tingkat adopsi mobile internet sebesar 63 persen dengan peningkatan bulanan sebesar 158 persen. Pertumbuhan yang signifikan ini sebagian besar dipicu oleh ketersediaan perangkat smartphone yang lebih murah dengan fitur standar seperti web-browsing, Facebook, Twitter, chatting, email dan kamera. Banyak ponsel murah memasuki pasar rural secara massal dengan harga terendah sekitar Rp. 750rb dan paket data yang sangat murah mulai dari Rp. 35rb per bulan.

Hambatan untuk akses internet terus memudar.

Dari semua ponsel di Indonesia, 25% dari 3.1 juta adalah smartphone. Menariknya, 20%-nya adalah Android. Jika Anda berjalan menyusuri jalan-jalan utama di kota besar Indonesia, Anda akan melihat banyak billboard untuk perangkat Android dari berbagai produsen seperti Samsung, LG, Sony Ericsson dan pemain lokal, Nexian. Dengan dukungan para manufaktur ini dan sifatnya yang open source, Android mendapatkan pengguna baru dari segmen pasar bawah yang ingin menggunakan smartphone dari masing-masing segmen pasar dan kelas ekonomi.

Bahkan, Samsung juga menikmati pertumbuhan cepat perangkat Android ini. “The growing adoption of smartphones in Indonesia in 2010 reached 65%. It is even higher than the growth of the global smartphone (60%)”, kata Budi Janto, Business Director Samsung Mobile. Di pasar ponsel Android, Samsung menguasai 78% dan di pasar komputer tablet mereka memiliki 60% market share di Indonesia.

Dan, meski bisa dibilang BlackBerry masih mendominasi pasar anak muda, Android bisa mulai mendapatkan pangsa pasar smartphone dan iPhone akhirnya bisa mendapatkan perangkat mereka terjual dengan layak. Ada 1 iPhone untuk setiap 12 perangkat BlackBerry di Indonesia, lebih baik jika dibandingkan data penjualan mereka di Indonesia tahun lalu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again