25 February 2014

by Yoga Wisesa

BlackBerry Z3, Smartphone Terbaru Berlayar Lima Inci Untuk Konsumen Setia BlackBerry di Indonesia

Berbanggalah Anda para penduduk Indonesia, kapan lagi sebuah produsen handset kenamaan dunia merancang gadget yang diciptakan khusus untuk kita sebagai penghargaan 'kesetiaan' konsumen dalam negeri?

Mengambil nama ibukota negara tersibuk di Asia Tenggara sebagai kode pengembangan, BlackBerry Z3 'Jakarta' akhirnya resmi diumumkan dalam ajang Mobile World Congress 2014.

BlackBerry Z3 memberikan kesan pertama yang sangat baik. Smartphone ini dirancang sedemikian rupa dengan desain 'persegi' yang menarik dengan tampilan layar gloss mengkilat. Dengan memanfaatkan navigasi layar sentuh, Z3 mengusung codename Jakarta karena Blackberry memang meraciknya khusus untuk konsumen di Indonesia lengkap dengan konten serta aplikasi lokal.

 

Info menarik: BBM Juga Akan Mendarat di Nokia X dan Windows Phone

 

BlackBerry Z3 diusung dengan layar lima-inci, dan BlackBerry juga berjanji bahwa Z3 merupakan handset yang memiliki daya tahan baterai tahan lama. BlackBerry 'Jakarta' juga merupakan jawaban pertanyaan: device apa yang pertama kali akan dibundel bersama dengan sistem operasi BlackBerry 10.2.1?

Sang Executive Chairman dan CEO BlackBerry, John Chen, berkomentar di dalam rilisan pers, "Kami bahagia dapat memperkenalkan BlackBerry Z3 terbaru, ia merupakan smartphone pertama yang terlahir dari kemitraan kami dengan Foxconn. Kemitraan ini diumumkan pada pertengahan Desember 2013. BlackBerry Z3 merangkum semua kemampuan BlackBerry 10, dengan fitur produktivitas yang canggih dan kemampuan komunikasi yang dapat diandalkan, dalam penampilan desain layar sentuh yang stylish dan harga terjangkau khusus untuk konsumen di Indonesia."

Sayangnya belum ada jawaban pasti seberapa terjangkau nanti Z3 akan dipasarkan, begitu juga dengan spesifikasi hardware resmi. Namun jika kita mau bersusah payah sedikit untuk menyelami Google, perangkat ini dirumorkan akan dibanderol seharga kurang lebih US$ 150.

Dari sumber rumor yang sama, Z3 tampaknya dipersenjatai oleh prosesor dual-core berkecepatan 1,2GHz, RAM 1,5GB, penyimpanan aplikasi 8GB, kamera belakang 5-megapixel dan kamera depan 1,1-MP serta desain unibody dengan baterai 2650 mAh.

Update: Seperti yang dikutip dari GSMarena, unsuk spesifikasi BlackBerry Z3 sendiri antara lain adalah layar 5 inci, 1.2GHz dual-core Snapdragon 400, 1.5GB RAM, penyimpanan internal 8 GB, kamera belakang 5 MP dan kamera depan 1 MP dan tersedia FM Radio. Untuk slot microSD belum ada informasi terkait hal ini.

 

Info menarik: Yota Kembali Kenalkan Handset Dua Sisi yang Dua Kali Lebih Cerdas dan Lebih Anggun

 

Dalam pengumumannya di Mobile World Congress, BlackBerry lebih menekankan pada fitur-fitur yang tersedia di OS mereka di dalam handset anyar ini seperti BlackBerry Hub, BlackBerry Messenger, fitur Time Shift & Story Maker, Reply Now dan Instan Preview hingga FM Radio. Walaupun kita tahu belum ada yang mampu mengalahkan keakuratan dan kenyamanan mengetik dengan keyboard fisik, sistem BlackBerry Keyboard dirancang khusus agar mengetik di layar sentuh Z3 tetap akurat dan menyenangkan.

Keyboard di BlackBerry Z3  mampu mempelajari kata-kata yang Anda gunakan dan cara Anda menggunakannya sehingga Anda bisa mengetik dengan cepat. BlackBerry juga mengklaim bahwa Z3 baru ini mampu menghadirkan pengalaman mengetik dalam Bahasa Indonesia via layar sentuh terbaik yang pernah ada. BlackBerry Keyboard mendukung hingga tiga penggunaan bahasa sekaligus.

Khusus untuk konsumen di Indonesia, BlackBerry Z3 akan tersedia di toko-toko retail dan kerja sama operator mulai bulan April. BlackBerry akan segera meng-update informasi lebih detail via laman Z3 mereka soal spesifikasi resmi dan juga harga.

Via BlackBerry Blog. Sumber gambar: BlackBerry Blog.