Semenarik apapun tawaran produsen hardware, cara terbaik dan termurah untuk memiliki gaming PC adalah dengan merakitnya. Kendalanya, tak semua orang mau bersusah payah memilih dan memasang hardware-hardware tersebut sendiri. Lagi pula, proses itu memang menuntut pemahaman mengenai komponen komputer. Tapi NXZT punya sebuah solusi inovatif.

Di tanggal 6 Juni 2017 kemarin, perusahaan spesialis casing dan aksesori PC asal Kalifornia itu resmi meluncurkan BLD, sebuah metode unik buat memudahkan Anda membangun komputer gaming. Jika umumnya kita perlu memilih CPU, GPU dan motherboard terlebih dulu, BLD malah menanyakan: ‘game apa yang ingin Anda mainkan?’ Selanjutnya, komposisi sistem akan disesuaikan dengan judul tersebut.

BLD 1

BLD bukan sekedar prosedur kustomisasi standar. Dalam menentukan komponen, BLD memanfaatkan data-data performa dan hasil analisis yang telah dikumpulkan oleh software NZXT CAM selama bertahun-tahun. Game yang Anda pilih tidak dibatasi (ada Metal Gear Solid V, The Witcher 3, hingga Overwatch), dan sesudah selesai, kita tinggal menyesuaikan budget serta melakukan kustomisasi jika diperlukan.

BLD 2

Angka ‘ribuan dolar’ mungkin akan membuat Anda terkejut. Mengapa PC rakitan masih masih bisa semahal ini? Tapi tunggu dulu. Susunan hardware di sana memastikan game tak cuma berjalan di setting visual ‘optimal’ – misalnya sekedar 60 frame rate per detik di resolusi full-HD.

BLD 3

Dalam skenario saya, dengan memilih The Witcher 3, BLD merekomendasikan prosesor Intel Core i5-7500, GPU MSI GTX 1060 6GB Gaming X, RAM Ripjaws V 2666MHz 8GB, penyimpanan SSD Crucial MX300 275GB dan HDD Western Digital Blue 1TB, dikemas dalam case NZXT S340. Rangkaian komponen ini dijamin siap menyajikan permainan role-playing fenomenal CD Projekt Red itu di 156fps.

Masih belum puas atau belum pas? Tinggal pilih opsi ‘Configure’. Di sana Anda bisa memilah-milih jenis casing lain serta meng-upgrade PC dengan fan. Soal hardware, tentu saja Anda bisa berkompromi lebih jauh, misalnya memakai i3 dan bukan i5. Namun BLD paham, Core i5 tentu lebih future-proof ketimbang i3, apalagi jika Anda suka game-game sejenis The Witcher 3.

Angka frame rate yang muncul di situs BLD bukan sekedar perkiraan, tapi merupakan hasil olah data. Kepada PC Gamer, Johnny Hou selaku CEO dan founder NZXT dengan percaya diri berjanji jika data tersebut keliru dan PC tidak mampu menyuguhkan frame rate setinggi yang tertera di sana, NZXT bersedia mengembalikan semua uang Anda.

Silakan coba langsung BLD dari NZXT dengan mengunjungi situsnya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.