Categories

Game

Blizzard Entertainment Telah Siapkan Game Baru Untuk Dipamerkan Tahun Ini?

Yoga Wisesa - 12 May 2014

Berkiprah dalam keahlian mereka selama lebih dari 20 tahun, Blizzard ialah salah satu sesepuh dalam industri gaming. Mereka mempopulerkan berbagai franchise game seperti StarCraft, Warcraft dan Diablo. Uniknya dalam waktu selama itu, mereka hampir tidak pernah mengenalkan seri game baru.

Beberapa permainan terbaru mereka, World of Warcraft: Warlords of Dreanor, StarCraft II: Legacy of the Void, hingga Diablo III: Reaper of Souls hanya merupakan expansion-pack dari game yang sebelumnya sudah ada.

Bahkan Hearthstone yang sangat populer saja adalah spin-off dari Warcraft. Jadi saat kabar terbaru tentang Project Titan terdengar, Blizzard langsung mendapatkan perhatian publik.

 

Info menarik: Nintendo Siapkan Action Figure Mario Ber-NFC untuk Pelangkap Home Console Mereka

 

Nama Project Titan sudah muncul semenjak delapan tahun lalu, kemudian pada tahun 2007 muncul lah spekulasi-spekulasi tentangnya. Sejauh yang Blizzard sampaikan, Titan merupakan permainan massively multiplayer online yang benar-benar baru, dan tidak berhubungan dengan tiga franchise raksasa yang mereka miliki sebelumnya.

Para analis dalam industri gaming menyatakan bahwa Project Titan dimaksudkan untuk menjadi penerus World of Warcraft. Namun tahun lalu, terdengar kabar bahwa Blizzard memutuskan untuk mengulang kembali proyek ini dari awal, tim berjumlah 100 orang dipangkas menjadi hanya 30 orang - hanya developer inti yang masih terus menggarap Titan. Dan pada akhir 2013, Blizzard mengumumkan expansion terbaru World of Warcraft, Warlords of Draenor.

Bukan hanya model bisnis dan metode penyampaian, tampaknya mereka juga telah merubah seluruh arahan Project Titan. Sang CEO Michael Morhaime juga mengakui bahwa Titan bukan lagi sebuah MMO berbasis langganan seperti World of Warcraft dan dalam BlizzCon terakhir ia menjelaskan, "Titan kini sangat berbeda dari apa yang kami inginkan sebelumnya."

"Kami ambil langkah mundur, kami tanyakan banyak sekali pertanyaan yang sulit dijawab tentang apa yang sedang kami lakukan dan apa yang harusnya kami lakukan, dan saya pikir kami telah mendapatkan ide yang sangat luar biasa," ungkap Morhaime.

 

Info menarik: Plants vs. Zombies Bisa Anda Nikmati Gratis via Origin

 

MMO dengan penyajian subsciption adalah peninggalan sistem monetisasi yang kian usang. Dengan jumlah game sejenis yang semakin banyak dan sistem free-to-play, metode tersebut akhirnya hanya digunakan segelintir tim developer dalam MMO terbaru - Final Fantasy XIV: A Realm Reborn dan The Elder Scrolls Online ialah sedikit di antaranya.

Mungkin hal ini juga yang menjadi pertimbangan Blizzard dalam menggarap Titan. Tentu mereka tidak mau player base World of Warcraft malah berkurang dengan adanya permainan baru ini.

Dari website resmi mereka, Blizzard menjelaskan bagaimana dengan Hearthstone mereka telah membangkitkan kembali tradisi untuk menciptakan tim pengembangan game yang lebih kecil dan fleksibel. Mereka tampaknya akan meneruskan strategi tersebut judul-judul terbaru. Dan kini Blizzard mencari lead producer untuk sebuah permainan yang belum miliki nama - bisa jadi itu adalah Project Titan.

Dengan begitu, Titan kemungkinan tidak lagi menjadi proyek blockbuster besar seperti yang Blizzard inginkan sebelumnya. Dan yang kita tidak boleh lupakan bahwa mereka juga sedang menggarap title MOBA berjudul Heroes of the Storm yang lagi-lagi merupakan spin-off dari Warcraft dan StarCraft.

Tapi apapun itu nanti, ada kemungkinan besar Blizzard akan mengenalkan game baru tersebut di tahun ini.

Sumber: Kotaku. Sumber gambar: Gamebreaker.tv.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter