Blockchain dan Implementasinya di Berbagai Sektor

Blockchain dan Implementasinya di Berbagai Sektor

Mulai digarap dan dikenalkan sebagai solusi yang tangguh dan aman
Teknologi blockchain menjadi bahasan utama BlockBali 2017
Teknologi blockchain menjadi bahasan utama BlockBali 2017

Blockchain mulai dikenal sebagai teknologi masa depan yang dapat menggantikan teknologi yang saat ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan maupun instansi pemerintah. Bentuknya yang serupa jaringan dan sifat desentralisasinya disebut memiliki banyak keuntungan jika dimplementasikan. Dalam acara BlockBali 2017 yang diselenggarakan oleh Blackarrow Conferences, blockchain dan bitcoin menjadi topik utama, termasuk implementasinya di beberapa sektor.

Chief Scientist CyberMiles Dr Michael Yuan dalam presentasinya menjelaskan bahwa blockchain sangat potensial digunakan untuk industri e-commerce. Salah satu manfaat terbesarnya ada pada keamanan yang lebih baik, kolaborasi yang lebih mudah dan kelebihan-kelebihan lain terkait dengan sistem desentralisasi. Untuk keamanan, sistem desentralisasi dinilai menjadi sangat efisien karena cyber attacker akan kesulitan melumpuhkan sistem blockchain yang berbentuk jaringan. Setidaknya lebih sulit dibanding harus melumpuhkan satu server tunggal yang tersentralisasi.

Yuan juga menjelaskan bahwa blockchain juga membawa efisiensi dan keuntungan seperti memudahkan manajemen identitas dan juga membantu mewujudkan sistem pelacakan dan keaslian produk karena semua bisa disimpan di dalam blockchain dan disinkronkan ke semua jaringan blockchain. Solusi-solusi tersebut dinilai bisa merevolusi kembali bisnis dan teknologi e-commerce.

Sementara itu Expert Blockchain Nxt Foundation Roberto Capodieci memaparkan bahwa blockchain akan membawa masa depan karena transparansi dan pengurangan biaya yang cukup signifikan.

“Blockchain akan menghasilkan peningkatan substansial dalam transparansi, kecepatan, dan fungsionalitas serta mengurangi biaya pengelolaan catatan pribadi dan publik,” terang Roberto.

Pemanfaatan lebih lanjut

Hampir semua pemateri dalam konferensi BlockBali 2017 memaparkan bahwa blockchain dengan sistem desentralisasinya merupakan sebuah teknologi yang ideal untuk menggantikan teknologi-teknologi yang sekarang ini ada. Mereka hadir dengan contoh implementasi blockchain yang beragam dan inovatif.

CEO Decent Matej Michalko misalnya memaparkan bahwa blockchain bisa menjadi landasan membangun platform distribusi konten. Pembajakan dan kesulitan distribusi bisa diselesaikan dengan sistem blockchain yang menandai konten-konten yang ada. Diharapkan dengan sistem blockhain para kreator dengan mudah menjual dan mendistribusikan konten dan para penikmat konten bisa dengan mudah mencari dan membeli konten-konten yang ada.

MiCai, yang diperkenalkan langsung oleh CEO Gregory Van den Bergh, mengembangkan teknologi AI (Artificial Intelligence) untuk private wealth management protocol yang dibangun di atas sistem blockchain.

Solusi lainnya diperkenalkan Datum, sebuah startup yang menyediakan global data exchange untuk mengubah data menjadi komoditas yang bisa diperjualbelikan. Ada juga startup asal Singapura Eximchain yang mengenalkan teknologi blockchain untuk membantu merombak sistem supply chain dengan blockchain.


DailySocial adalah media partner BlockBali 2017

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…