20 January 2016

by Glenn Kaonang

Meluncur Bulan Februari, Smartwatch Android Wear Ini Cuma Dihargai $100

Usung spesifikasi yang cukup mumpuni, termasuk halnya sensor laju jantung

Siap-siap penggemar smartwatch Android Wear. Anda bakal kedatangan perangkat baru yang sepertinya bakal 'merusak' harga pasaran. Produk tersebut datang dari Tiongkok – tidak mengejutkan – dan namanya adalah Bluboo Xwatch.

Bluboo sendiri sebenarnya sudah beberapa kali meluncurkan smartphone Android. Akan tetapi ini merupakan debut mereka di ranah smartwatch. Melihat fisik beserta namanya, bisa dikatakan Xwatch berpotensi menjadi pesaing Moto 360, terlebih mengingat keduanya sama-sama menjalankan sistem operasi Android Wear.

Desainnya cukup mentereng, mengandalkan bodi logam dengan ketebalan cuma 9,8 mm, lebih tipis ketimbang Moto 360 maupun Apple Watch. Layar membulatnya punya ukuran 1,3 inci, dengan resolusi 360 x 360 pixel – lagi-lagi sedikit lebih oke dibanding Moto 360 yang cuma 360 x 330 pixel dikarenakan bagian bawah layarnya serasa 'terpotong'.

Xwatch ditenagai oleh chipset besutan MediaTek dengan prosesor 1,2 GHz, RAM 512 MB dan media penyimpanan seluas 4 GB. Baterainya pun cukup besar di angka 480 mAh. Sederet sensor telah disematkan ke dalamnya, mulai dari sensor laju jantung sampai GPS, tapi juga ada sensor lain seperti altimeter dan barometer untuk mendukung aktivitas olahraga.

Rencananya, Bluboo Xwatch akan dipasarkan mulai bulan Februari mendatang. Harganya menurut laporan GizChina cuma $100, jauh di bawah penawaran pabrikan smartwatch Android Wear lainnya.

Sumber: Wareable.