Blue Bird Siapkan Hiburan Interaktif Untuk Penumpang Taksi Mereka

Blue Bird Siapkan Hiburan Interaktif Untuk Penumpang Taksi Mereka

Blue Bird ITE
Blue Bird ITE

Dalam transportasi publik, hiburan multimedia bukanlah hal baru. Tentu ia tak muncul di kereta ekonomi atau bis kota, namun sering kita lihat telah tersuguh di pesawat terbang komersil. Blue Bird, sebagai perusahaan penyedia layanan angkutan paling berpengalaman di Indonesia, dikabarkan sedang mengadopsi sistem hiburan sejenis pada unit mobil mereka.

Blue Bird menyebut konsep hiburan unik ini dengan nama Interactive Taxi Entertainment atau ITE. Ia adalah aplikasi interaktif dalam taksi, memungkinkan penumpang mencari hiburan yang mereka inginkan. Menurut Blue Bird, ITE disediakan demi memperkaya pengalaman selama berada di perjalanan, serta memberikan kita pengalih saat terjebak kemacetan.

Untuk menghadirkannya, Blue Bird tak bekerja sendiri. Mereka merangkul perusahaan serta produsen ternama dunia seperti Microsoft, Intel, Acer dan NEC. Interactive Taxi Entertainment beroperasi di perangkat Acer, yaitu tablet delapan-inci Iconia W4. Jika melihat spesifikasinya lebih lengkap, kita akan mengerti dimana letak peranan Intel. Iconia W4 ditenagai prosesor quad-core Intel Atom Bay Trail Z3740 berkecepatan 1,8GHz.

 

Info menarik: Resmi Meluncur di Indonesia, Aplikasi Easy Taxi Gandeng Empat Operator Taksi di Jakarta

 

Kemudian penyedia jasa dan produk IT asal Jepang, NEC, bertanggung jawab untuk melengkapi Interactive Taxi Entertainment Blue Bird dengan integrasi iklan dan media. Di waktu ke depan, mereka berencana menghadirkan app NEC Live, meliputi layanan e-payment, games, fitur GPS dan lain-lain. Blue Bird yakin, ITE juga akan memberi manfaat bagi pengembangan bisnis karena perusahaan lain bisa menempatkan materi kontennya di sana.

Membahas soal konten dan kompatibilitas, itulah alasan Blue Bird berkolaborasi dengan Microsoft. Interactive Taxi Entertainment berjalan di sistem operasi terpopuler di planet Bumi, Windows 8.1. Presiden direktur Blue Bird, Noni Purnomo menjelaskan bahwa tak hanya dapat dimanfaatkan sebagai hiburan, ITE bisa berfungsi untuk memenuhi beragam kebutuhan pelanggan, termasuk pencarian informasi.

“Penduduk Jakarta sering sekali terjebak kemacetan,” ujar presiden direktur Microsoft Indonesia, Andreas Diantoro, dalam acara preview di hari pertama ID TechDays 2014. “Karena itu Microsoft merasa senang dapat bekerjasama dengan taksi Blue Bird Group dan perusahaan teknologi lain untuk menghadirkan ITE.”

Interactive Taxi Entertainment masih berada pada tahap awal pengembangannya. Ketika selesai, sistem ini rencananya segera diperkenalkan di unit-unit taksi Blue Bird di kota-kota Indonesia. Terakhir, Microsoft berjanji akan merampungkan app dan seluruh sistemnya sesuai jadwal yang telah mereka tetapkan.

Sumber: BlueBirdGroup.com. Gambar header: Skaana.com.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…