13 September 2013

by Bambang Winarso

Bocoran Gambar Tablet Nokia Sirius Beredar, Pertanda Tablet Siap Dirilis?

Tablet terbaru Nokia yang diberi nama Sirius dikabarkan segera rilis 26 September nanti berbarengan dengan peluncuran Nokia Bandit atau Lumia 1520. Beberapa waktu yang lalu TRL juga sempat mengulas tablet Windows RT ini bersama beberapa informasi spesifikasi yang dibawa.

Meskipun belum ada informasi resmi terkait kepastian kemunculan tablet ini namun belakangan berbagai rumor sudah berhembus kencang  termasuk kembali munculnya bocoran gambar Nokia Sirius yang dipublikasikan oleh WinSuperSite dalam sebuah preview berisi kumpulan tablet Windows 8. Lebih detail sobat bisa lihat penampakan Nokia Sirius dalam balutan warna merah berikut ini:

Jika diperhatikan dengan seksama, terdapat beberapa perbedaan antara gambar terdahulu, sobat bisa lihat di tautan ini, dan bocoran terbaru ini. Di gambar sebelumnya terdapat logo Nokia dan Windows RT di bagian belakang tablet, sementara di penampakan terbaru kedua logo tersebut ditiadakan.

Dalam ulasannya, WinSuperSite juga menjabarkan beberapa informasi terbaru terkait spesifikasi Nokia Sirius dan jika dibandingkan dengan berita sebelumnya yang sempat TRL ulas, tidak terdapat perbedaan mencolok. Tablet Nokia Sirius masih menggunakan prosesor quad-core Qualcomm 800 dari ARM - WinSuperSite lebih detail menyebutkan Snapdragon 8974 - kemudian layar 10,1 inci dengan resolusi 1920 x 1080 berteknologi IPS, baterai tahan hingga 10 jam, kamera 6 mega piksel dan banderol $499.

Meski tergolong tablet ringan dan tipis muncul kabar baru yang menyebutkan bahwa tablet Nokia Sirius nanti akan mendapatkan fitur baru berupa keyboard dan pelindung serba guna yang dikenal dengan Power Cover. Perlu diketahui bahwa Power Cover santer diberitakan jadi fitur unggulan tablet Surface milik Microsoft. Jika benar adanya, berarti bobot Nokia Sirius bisa-bisa naik dua kali lipat, secara otomatis Sirius bukan lagi tablet ringan.

Sumber berita Phonearena dan WinSuperSite.