1. Startup

Boot to Gecko Diperkenalkan Pada Acara MozKopdar di Bandung [Video]

Hari minggu kemarin, id-Mozilla mengadakan acara meetup berupa MozKopdar Bandung, yang merupakan acara MozKopdar pertama yang diadakan di Bandung. Selain kota Bandung acara ini juga diadakan di kota lain seperti Jakarta dan Bekasi.

MozKopdar Bandung diadakan di Potluck Kitchen, mulai pukul 11 siang. Dalam acara meetup kali ini, seperti yang dijelaskan oleh Fauzan Alfi - MozReps - diisi oleh perkenalan Mozilla Student Reps serta berbagai acara lain seperti L10n Sprint atau penerjemahan peramban Firefox ke bahasa lokal yaitu ke Indonesia dan bahasa Sunda. Acara juga diisi oleh pengumuman informasi terbaru tentang berbagai proyek Mozilla.

MozKopdar Bandung ini juga dihadiri oleh Arky, Community Manager for Localization (L10n) Asia, yang hadir membantu proses penerjemahan dari sisi teknis serta memperkenalkan Boot to Gecko (B2G), yang merupakan sistem operasi open source untuk perangkat mobile dari Mozilla. Informasi lain tentang B2G bisa dilihat di sini dan ini. Selain itu Arky juga menjelaskan berbagai proses dan tahap penting yang bisa dilakukan oleh mereka yang tertarik untuk membantu proyek translasi peramban Firefox.

Saya juga berkesempatan, secara singkat, berbincang dengan Arky dan mengajukan beberapa pertanyaan, baik tentang acara lokal maupun tentang B2G. Arky mengatakan juga bahwa perkembangan komunitas Mozilla di Indonesia sangat baik, salah satu hasil karya mereka adalah maskot Kumi selain juga tentunya dukungan atas proses penerjemahan atau lokalisasi dari peramban Firefox. Pada acara tersebut saya juga melihat para peserta yang cukup antusias (kebanyakan peserta adalah mahasiswa) untuk membantu menerjemahkan peramban Firefox ke bahasa lokal termasuk bahasa Sunda.

Berikut wawancara santai dan singkat dengan Arky serta sedikit demo B2G yang diinstal di ponsel Samsung Galaxy S II.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again