8 November 2016

by Oki Rosgani

Bragi Siap Hadirkan OS Terbaru dengan Teknologi 'MyTap' Untuk Earphone The Dash Besutannya

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai alat pemutar musik, The Dash sejatinya merupakan sebuah asisten pribadi digital yang hadir dalam wujud earphone nirkabel, kehadiran update OS terbaru ini akan membuatnya jauh lebih pintar

Tahun 2014 lalu, salah satu developer asal Jerman bernama Bragi pernah menghadirkan perangkat wearable device berwujud earphone nirkabel yang mereka beri nama sebagai The Dash.

The Dash tidak hanya menyuguhkan fitur pemutar musik berbentuk earphone nirkabel namun lebih dari itu, perangkat ini juga mampu memonitor detak jantung dan kadar oksiken penggunanya.

Tahun ini sang produsen, Bragi, tengah bersiap untuk merilis versi update untuk OS yang terpasang pada perangkat earphone pintar besutannya itu. Dengan hadirnya Bragi OS 2.2, perangkat earphone ini nantinya akan memiliki fitur tambahan bernama 'MyTap'.

Dengan MyTap, perangkat earphone The Dash akan memiliki kemampuan baru yang dapat mengenali gesture tangan pada permukaan pipi penggunanya, nantinya pengguna The Dash akan bisa mengakses perintah Google Now pada perangkat Android atau Siri di perangkat iOS dengan hanya menekan salah satu permukaan pipi mereka.

Saat tulisan ini kami buat, Bragi OS 2.2 yang hadir dengan fitur MyTap ini telah dirilis dalam versi Beta. Fitur MyTap pada Bragi OS terbaru ini telah melibatkan sistem yang disebut sebagai Kinectic User Interface, sistem ini memungkinkan bagi pengguna untuk dapat mengoperasikan earphone The Dash tanpa harus menyentuhnya secara langsung.

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari laman PhoneArena, update firmware untuk perangkat The Dash ini akan hadir pada tanggal 21 November mendatang.

Dari sumber yang sama juga disebutkan bahwa di waktu mendatang pengguna earphone ini juga akan dapat menerima panggilan telepon dengan hanya menganggukan kepala dan menolak panggilan dengan menggelengkan kepala saja, lebih jauh lagi, saat difungsikan sebagai pemutar musik penggunanya dapat memindahkan lagu atau mengganti volume suara dengan hanya menekan salah satu bagian di wajah mereka.

Selain itu, earphone The Dash, yang kini ditawarkan dengan harga $280 per-unitnya ini masih akan memiliki fitur Audio Transparency yang memungkinkan bagi penggunanya untuk bisa tetap mendengar suara-suara eksternal ketika tengah menggunakan earphone ini, dengan begitu mereka tidak perlu melepas atau mengecilkan volume earphone ini saat ingin berbicang-bincang bersama teman.

Selain menghadirkan pembaharuan dengan menambahkan fitur MyTap, update terbaru ini juga akan menyuguhkan peningkatan kemampuan bluetooth dan fungsi pembaca detak jantung dengan sensitivitas yang jauh lebih baik dari sebelumnya.

Sumber: PhoneArena | Gambar Header: Bragi.com