1. Startup

Startup Open Finance Brick Akuisisi Perusahaan Remitansi Lokal

Kepemilikan lisensi PJP 3 oleh PT Eastern Transglobal Remittance akan dimanfaatkan Brick untuk mendukung produk pembayaran bisnis

Brick, bersama dengan mitra strategisnya di Indonesia (tidak disebutkan), telah mengakuisisi saham mayoritas di PT Eastern Transglobal Remittance, pemilik lisensi Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) Kategori 3 untuk layanan pengiriman uang dari Bank Indonesia. Setelah akuisisi ini, Brick akan meluncurkan tiga produk pembayaran bisnis untuk mendukung transaksi yang lebih efisien dan manajemen arus kas.

Sebelumnya, pada Maret 2023 lalu kompetitornya yakni Brankas, juga baru saja mendapatkan lisensi PJP 3 dari Bank Indonesia untuk meningkatkan produk pembayaran bisnis yang dimiliki.

Co-Founder & CEO Brick Gavin Tan mengatakan bahwa akuisisi ini merupakan langkah strategis perusahaan untuk menyediakan solusi pembayaran bisnis yang lebih inovatif.  “Kami akan memanfaatkan keunggulan dalam bidang teknologi dan infrastruktur pembayaran untuk memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih mudah, cepat, dan terjangkau bagi para pelaku bisnis di Indonesia melalui teknologi.”

Saat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang pesat, manajemen keuangan sering kali menjadi beban utama bagi pemilik bisnis yang ingin mentransformasi operasi mereka. Tantangan seperti proses administrasi yang berbelit-belit dan arus kas yang tidak menentu tak jarang menghambat kinerja dan membatasi ruang gerak untuk berinovasi.

"Kami ingin membantu mereka yang sering terbebani dengan administrasi keuangan yang berbelit belit untuk lebih fokus mengembangkan bisnis mereka dan mencapai aspirasi sebagai kekuatan ekonomi di masa depan. Hingga saat ini, Brick telah membantu bisnis di Indonesia memproses pembayaran sekitar $200 juta per tahun, dan kami berharap dapat meningkatkan jumlah ini secara eksponensial di tahun-tahun mendatang," ujar Gavin.

Tiga produk tersebut di atas yang akan segera diluncurkan Brick adalah:

  • BrickPay; membantu proses pengiriman uang ke banyak tujuan sekaligus dengan satu klik.
  • BrickFlex; fasilitas paylater yang fleksibel, didukung oleh mitra berlisensi, yang memungkinkan pemilik bisnis untuk mempercepat pertumbuhan bisnis tanpa harus  khawatir tentang ketidakstabilan arus kas.
  • Brick Financial API; Application Programming Interfaces yang memungkinkan bisnis yang didukung teknologi untuk mengintegrasikan BrickPay ke dalam sistem dan proses bisnis mereka yang sudah ada dengan mulus.

Pengembangan inovasi di Brick tidak hanya berfokus pada pengintegrasian produk keuangan dalam satu ekosistem, tetapi juga memastikan bahwa pengalaman mengelola keuangan secara keseluruhan adalah pengalaman yang menenangkan dengan jaminan layanan yang terjangkau, stabil, dan memiliki keamanan yang tinggi.

Akuisisi lisensi PJP 3 ini menunjukkan komitmen Brick yang berkelanjutan terhadap kepatuhan dan komitmen untuk bekerja sama dengan regulator dalam meluncurkan produk-produk inovatif. Pada tahun 2022, PT Brick Teknologi Indonesia (juga dikenal sebagai BOIVA) berhasil tercatat dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam klaster Inovasi Keuangan Digital (IKD) untuk mendorong inklusi keuangan.

Sejak didirikan tahun 2020, Brick telah mendapatkan dukungan dari sejumlah investor dalam dua putaran investasi. Berikut detailnya:

PutaranNilaiInvestor
Pre-SeedUndisclosedVC: Better Tomorrow Ventures, Prasetia Dwidharma, 1982 Ventures, Antler, Rally Cap Ventures. Angel: Shefali Roy (TrueLayer), Kunal Shah (Cred), Reynold Wijaya (Modalku), Quek Siu Rui (Carousell), dan pendiri Nium, Xfers, Aspire, BukuWarung, ZenRooms, CareemPay.
SeedUndisclosedVC: Flourish Ventures, Antler, Trihill Capital, Better Tomorrow Ventures, dan Rally Cap Ventures Angel: Sima Gandhi (Plaid, Creative Juice), Yan Wu (Bond), Brian Ma (Divvy Homes), Ooi Hsu Ken (Iterative), Amrish Rau (Pine Labs) dan Andrea Baronchelli (Aspire)

Industri Open Finance sendiri relatif masih baru dan bertumbuh di Indonesia. Dari sedikit pemain yang ada, Finantier justru dikabarkan segera menutup oeprasinya dalam waktu dekat. Sementara Brick terus memperdalam ke solusi pembayaran, dan Brankas meningkatkan cakupan ekspansinya ke wilayah regional.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again