1. DScovery

Broadcast: Pengertian, Jenis dan Perannya dalam Dunia Marketing

Istilah broadcast biasanya berkaitan dengan proses penyiaran yang dilakukan di berbagai media, baik radio, televisi maupun internet.

Istilah broadcast mungkin sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Istilah ini biasanya berkaitan dengan proses penyiaran yang dilakukan di berbagai media, baik radio, televisi maupun internet.

Broadcast juga kerap dikenal sebagai bagian dari ilmu komunikasi. Dalam ilmu komunikasi, broadcast adalah cabang ilmu yang berfokus pada bidang penyiaran untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat di berbagai penjuru wilayah secara sekaligus.

Lantas, apa yang sebenarnya dimaksud dengan broadcast? Berikut penjelasan selengkapnya dalam artikel ini.

Pengertian Broadcast

Broadcast merupakan istilah yang berasal dari bahasa Inggris yang berarti penyiaran. Jadi, secara umum broadcast merupakan kegiatan pengiriman data atau informasi ke beberapa tujuan secara bersamaan.

Broadcast juga dapat diartikan sebagai proses penyampaian informasi yang berisi pesan atau data mengenai suatu hal, yang disebrkan melalui perangkat tertentu dan diterima oleh audiens secara bersamaan. Dalam hal ini, pesan yang dikirim dalam broadcast tidak membutuhkan balasan.

Pengertian Broadcast Berdasarkan Ilmu Komunikasi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam ilmu komunikasi, broadcast diartikan sebagai penyiaran. Penyiaran dapat dilakukan dalam bentuk audio maupun visual yang ditransmisikan ke dalam bentuk sinyal suara atau gambar melalui udara maupun kabel atau serat optik.

Informasi atau data yang disebarkan dalam broadcast kemudian diterima secara serentak oleh masyarakat. Namun, saat ini broadcast tidak hanya dilakukan melalui media penyiaran seperti televisi dan radio saja. Sebab, masyarakat juga dapat menerima siaran langsung melalui jaringan internet yang ada.

Pengertian Broadcast Berdasarkan Jaringan Komputer

Broadcast juga dapat diartikan sebagai pengiriman paket data ke beberapa penerima sekaligus dalam jaringan komputer. Cara kerjanya, perangkat jaringan yang menyiarkan harus mentransmisikan paket data ke alamat siaran jaringan.

Adapun penjelasan mengenai pengertian broadcast dalam jaringan komputer, antara lain:

  • Broadcast domain, yakni sinyal dari perangkat jaringan yang diketahui oleh beberapa perangat dalam satu segmen.
  • Broadcast address, yakni alamat yang berisi 1 bit data dan mampu mengirimkannya ke semua perangkat dalam jaringan tersebut.
  • Broadcast storm, yakni kondisi saat data yang dikirimkan berputar pada jaringan karena adanya kesalahan pada jaringan tersebut.
  • IP broadcast, yakni IP terakhir yang digunakan pada perangkat, sehingga IP tidak dapat digunakan pada perangkat lain.

Jenis-Jenis Broadcast

Program Informasi

Program informasi merupakan sebuah program penyiaran yang memberikan banyak informasi kepada penonton. Program ini memiliki lingkup yang lebih luas dari berita pada umumnya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi agar penonton dapat tertarik dan menikmati program tersebut.

Program Berita

Program berita merupakan program yang menyiarkan seluruh informasi penting atau peristiwa yang terjadi. Berita memiliki sifat aktual, sehingga harus ditayangkan secepatnya, karena menyangkut mengenai peristiwa yang sedang atau baru saja terjadi, momen besar, dan lain sebagainya. Berita juga bersifat faktual, yakni informasi yang disampaikan harus berdasarkan fakta yang benar-benar terjadi.

Program Hiburan

Sementara program hiburan merupakan segala bentuk siaran yang bertujuan untuk menghibur audiens. Program ini contohnya adalah acara musik, drama, permainan, film dan lain sebagainya.

Dalam prosesnya, broadcast menggunakan dua jenis media, yakni media cetak dan elektronik.

Media Cetak

Media cetak merupakan media yang menyampaikan informasi dalam bentuk cetak, seperti koran, tabloid, majalah, dan lain sebagainya.

Media Elektronik

Media elektronik adalah media yang menyebarkan informasi dengan menggunakan perangkat elektronik, baik dalam bentuk audio maupun visual. Media elektronik dinilai lebih cepat dalam menyampaikan informasi dan menjangkau area yang lebih luas. Beberapa contoh media elektronik, seperti televisi, radio, hingga handphone.

Media Online

Media online merupakan media yang berkembang karena kecanggihan teknologi dan internet. Media ini merupakan gabungan dari kedua jenis media sebelumnya. Media ini juga dinilai paling praktis dan cepat untuk digunakan dalam mengakses segala bentuk informasi.

Sayangnya, media online memiliki kekurangan dalam hal keakuratan data, di mana banyak informasi yang tidak akurat yang tersebar di dalamnya.

Peran Broadcast dalam Dunia Marketing

Selain untuk menyebarkan informasi dalam bidang komunikasi, broadcast juga memiliki peran yang penting dalam dunia marketing. Beberapa peran broadcast dalam dunia marketing, antara lain:

Sebagai Media Marketing yang Efektif

Pemasaran menggunakan broadcast dinilai sangat efektif karena hanya menggunakan satu perangkat untuk mengirim pesan ke berbagai pihak. Namun, pastikan pesan yang dikirim memiliki isi yang menarik agar audiens yang dituju merasa tertarik.

Menghemat Waktu Promosi

Broadcast juga bermanfaat untuk menghemat waktu promosi karena kepraktisan yang dimilikinya. Pasalnya, hanya dengan sekali kirim dapat menjangkau seluruh audiens yang dituju.

Hemat Biaya

Selain hemat waktu promosi, broadcast juga hemat biaya. Sebab, kamu tidak perlu membayar biaya iklan dan lain sebagainya. Kamu bisa memanfaatkan broadcast untuk promosi dengan menggunakan email marketing maupun media sosial.

Nah, itulah penjelasan mengenai broadcast secara lengkap. Untuk mendapatkan hasil yang efektif dan maksimal, sebelum melakukan promosi dengan menggunakan broadcast, kenali terlebih dahulu jenis media yang kamu gunakan dan behavior dari target audiensmu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again