Categories

Opini

Brosurku.com Ubah Tampilan dan Tambah (Banyak) Fitur Baru

Wiku Baskoro - 2 September 2010

Brosurku mengubah tampilan situs mereka dan menambahkan berbagai fitur baru. Pertama kali DailySocial membahas Brosurku.com sekitar awal bulan Mei yang lalu, saat itu saya agak ragu dengan layanan yang mereka berikan, karena jika hanya berfokus pada 'brosur', meski cukup niche tapi saya pikir kelebihan yang ditawarkan mereka kurang.

Kini, pendapat saya itu sudah tidak relevan lagi, Brosurku merombak secara keseluruhan tampilan dan menambahkan berbagai fitur serta layanan yang ada di situs mereka. Setidaknya ada 7 perkembangan baru yang mereka lakukan, mulai dari tampilan baru sampai dengan fitur check-in.

Tampilan Brosurku kini lebih mirip jejaring sosial, meski tetap fokus pada unggahan brosur pada situs mereka, kini ada semacam timeline di halaman utama, yaitu di tengah, kemudian pilihan untuk melihat kategori ada di bagian samping kiri beserta pilihan menu lainnya seperti pengkategorian promo berdasarkan promo terbaru, atau yang paling populer, kemudian pilihan untuk melakukan sortir promo berdasarkan lokasi. Sedangkan pilihan untuk beralih kehalaman promo selanjutnya kini diletakkan di bagian bawah.

Perubahan tampilan ini juga sepertinya berpengaruh pada logo dan tagline Brosurku, kini Anda bisa melihat keterangan beta disebelah logo Brosurku serta tagline mereka (yang sebelumnya tidak ada) yaitu 'your promo playground'.

Meski masih berfokus pada penyediaan berbagai informasi promo, namun brosurku menambahkan banyak fitur sosial bagi pengguna mereka, antara lain Facebook dan Twitter Connect. Sebelumnya Anda bisa mendaftarkan menggunakan layanan Facebook dan Twitter, kini Anda bisa menghubungkan akun Facebook dan Twitter ke akun Brosurku Anda, jadi nantinya kegiatan yang Anda lakukan di Brosurku bisa juga diterbitkan di akun Facebook atau Twitter Anda.

Selain itu pengguna Brosurku juga bisa melakukan aktivitas follow dari teman mereka dan ada pula fasilitas pencarian teman Facebook dan Twitter di Brosurku.com.

Salah satu fasilitas sosial lain di Brosurku adalah Brozz. Kini tampilan Brozz telah diubah dan pengguna bisa melihat secara seklias tentang berbagai kegiatan yang terjadi di Brosurku.com. Pengguna juga bisa melakukan aktifitas follow atas pengguna lain dengan melakukan klik pada tautan follow yang ada di profil pengguna tersebut.

Brosurku juga menambah fitur yang berhubungan dengan peta, Map It! Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat peta interaktif (menggunakan Google Maps) untuk melihat promo apa saja yang terjadi di area yang Anda pilih. Akan ada ikon sale yang bisa diklik jika Anda tertarik untuk melihat promo di tempat tertentu, dan ketika di klik akan muncul kotak yang berisi rangkuman promo (jika di tempat tersebut ada beberapa promo) lengkap dengan tautan untuk menuju halaman promo yang bersangkutan. Anda juga bisa mendapatkan arah ke tempat yang menyediakan promo, namun ketika saya coba masih terdapat error.

Fitur pencarian juga tidak luput dari perbaikan. Brosurku telah melakukan perbaikan pada fasilitas search bar mereka, kini pengguna bisa mencari promo, merek, serta anggota Brosurku melalui kotak pencarian ini. Terdapat juga layanan usulan pencarian yang memudahkan pengguna ketika mengetikkan huruf tertentu maka Brosurku secara otomatis akan mengusulkan hasil pencarian yang mungkin Anda cari.

Berapa fitur baru lain yaitu, halaman promo baru, halaman perusahaan baru, halaman anggota baru serta integrasi Company Twitter dengan Twitter Location, yang seperti dijelaskan di situs mereka, memungkinkan pengguna untuk melihat kejadian terakhir yang berkaitan dengan perusahaan/lokasi tersebut.

Dan terakhir adalah fitur yang berhubungan dengan check-in. Fitur ini saya tempatkan paling terakhir untuk dibahas karena, bagi saya termasuk fitur yang paling menarik.

Kini Brosurku menyediakan fasilitas check-in bagi pengguna mereka yang memungkinkan pengguna untuk melakukan check-in ketika berada di promo atau event tertentu yang datanya ada di Brosurku. Pengguna Brosurku juga bisa membagikan hasil atau pengalaman check-in ini ke relasi mereka.

Caranya, masuk ke profil promo yang sedang berlangsung, dibagian kanan akan ada tombol untuk melakukan check-in. Nantinya data check-in ini juga akan tercatat di akun promo yang bersangkutan.

Kenapa fitur ini menarik, pertama karena fitur ini serta fitur sosial lainnya membawa Brosurku pada babak selanjutnya dari layanan mereka, yang tadinya hanya sekedar menampilkan brosur cetak yang diunggah ke web, kini fitur sosial serta komunitasnya bisa dibangun dengan lebih baik karena beberapa kemunculan fitur baru, diantaranya check-in.

Pengguna tidak hanya bisa mendapatkan informasi dari akun yang memberikan promo saja tetapi juga bisa berinteraksi dengan teman mereka, melihat dimana mereka melakukan aktivitas promo serta, bisa saja nantinya akan mulai tumbuh ekosistem mirip dengan social search, dimana rekomendasi atas suatu tempat/toko/promo tertentu dari pengguna lain mempengaruhi pengguna yang lainnya.

Meski beberapa fasilitas sosial telah ada di versi Brosurku sebelumnya, namun dengan penambahan beberapa fitur ini bisa menjadi salah satu daya tawar yang diberikan Brosurku pada pemilik toko/promo, yang mungkin saja kedepannya akan menjadi 'sasaran' dalam mendapatkan pemasukan, karena sampai sekarang, setidaknya dari info di situs mereka, Brosurku menggratiskan pada pemilik toko/promo untuk menampilkan brosur mereka. Ini menyisakan pertanyaan tentang sisi monetisasi yang akan mereka lakukan.

Fitur check-in bisa memberikan peluang layanan yang lebih, yang juga menjadi salah satu sasaran strategi yang dilakukan layanan berbasis lokasi, dimana promosi lokasi dari pemilik promo berkolaborasi dengan fitur check-in. Tetapi, selain menarik fitur check-in juga memberikan pertanyaan baru, apakah fitur ini hanya untuk ikut tren saja atau memang akan menjadi layanan utama di Brosurku.

Namun proses check-in tidak selamanya 'aman' bahkan cenderung dimanfaatkan, seperti halnya check-in palsu di Foursquare, di Brosurku pun akan dihadapkan pada kegiatan serupa. Sebagai contoh saya mencoba melakukan check-in di salah satu promo di toko tertentu padahal saya lagi asik nongkrong di depan komputer, di rumah saya, dan check-in itu berhasil serta tercatat di aktivitas check-in promo yang bersangkutan.

Tetapi secara keseluruhan saya menyukai perkembangan yang terjadi di Brosurku.com, meski untuk tampilan, nuansa warna oranye-nya kini hilang. Well, itu pendapat saya, bagaimana dengan pendapat Anda atas perubahan serta penambahan fitur baru di Brosurku.com? Pendapat, saran atau pun kritik Anda siap kami tampung pada kolom komentar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter