Categories

Berita

BTPN Jenius Tawarkan Layanan Finansial Pribadi Lewat Smartphone

Jenius dibuat untuk menyasar segmen orang dengan mobilitas tinggi dan tingkat koneksi internet yang cepat

Marsya Nabila - 12 August 2016

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) menawarkan terobosan baru dalam dunia perbankan berbentuk aplikasi yang dirancang dapat membantu masyarakat dalam mengatur finansial pribadi lebih mudah lewat perangkat smartphone, dinamai Jenius. Pengembangan aplikasi ini dibutuhkan waktu selama 18 bulan dan memakan biaya investasi hingga 500 miliar Rupiah.

Jerry Ng, Direktur Utama BTPN, menjelaskan Jenius sudah diformulasikan sejak Januari 2015 berdasarkan penelitian yang komprehensif tentang kebutuhan masyarkat digital savvy di Indonesia, perkembangan teknologi digital, dan digital banking di Indonesia. Menurutnya, beberapa keputusan penting dalam kehidupan memiliki konsekuensi digital, mulai dari membayar kebutuhan sehari-hari sampai hal-hal yang berkaitan dengan rencana masa depan.

"Hubungan yang tidak terpisahkankan antara hidup dan keuangan kami sebut sebagai life finance. Kami memiliki visi mengubah hidup masyarakat Indonesia menjadi lebih mudah dan menjawabnya dengan menghadirkan Jenius," ujarnya, Kamis (11/8).

Menurut Jerry, selama ini sudah banyak pemain perbankan yang sudah berkecimpung di dunia perbankan digital. Namun belum ada yang seluruhnya benar-benar lepas tanpa bantuan dari kantor cabang, bila ada kondisi kartu ATM hilang atau terblokir. Hal inilah yang membuat pergerakan perbankan terhadap perkembangan dunia digital terasa lambat.

Padahal, lanjutnya, teknologi digital bisa membantu semua kerumitan tersebut. "Persoalannya adalah bagaimana bank pakai teknologi digital untuk permudah kebutuhan nasabah tanpa kompromi baik dari segi keamanannya."

Adapun target pengguna Jenius yang akan disasar perusahaan adalah seluruh orang dari berbagai usia dengan mobilitas tinggi yang menggunakan smartphone dan memiliki paket data internet. Segmentasi ini dibuat untuk menyesuaikan jenis konsumen yang akan disasar BTPN, mengingat belum seluruh daerah di Indonesia sudah memiliki koneksi internet yang stabil.

BTPN juga memiliki produk serupa Jenius, khusus menyasar nasabah dengan koneksi 2G. Produk itu dinamai BTPN Wow. Sementara ini, Jenius bisa dinikmati oleh pengguna yang berada di kawasan Jabodetabek. Pada tahap awal pengembangan, Jenius akan lebih menyasar sejumlah kota di Pulau Jawa. Kota Bandung jadi sasaran menjadi berikutnya setelah Jabodetabek.

Fitur Jenius

Aplikasi ini cukup berbeda dengan produk financial technology (fintech) lainnya yang sudah beredar di publik, baik yang dikeluarkan oleh perbankan atau startup. Sebut saja, DOKU, elektronik money berbasis server seperti DOKU, T-Cash, e-money, atau rekening ponsel milik CIMB Niaga.

Jenius bisa dikatakan sebagai rekening bank biasa yang dilengkapi dengan kartu debit Visa untuk mengatur life finance dengan mudah dan aman. Semuanya menjadi satu di smartphone tanpa memiliki rekening koran.

Setelah calon pengguna mengunggah aplikasi ini dalam smartphone Android atau iOS, ada pilihan registrasi yang harus ditempuh sebelum menggunakan Jenius. Seluruh proses pendaftaran rekening baru, hanya ditempuh dengan menggunakan ponsel saja. Pengguna hanya dipersyaratkan untuk menyiapkan kartu identitas diri (KTP) dan NPWP untuk diinput dalam server.

Setelah proses selesai, dalam kurun waktu dua jam, pengguna akan dihubungi kurir Jenius untuk pengiriman kartu debit Visa.

Jenius memiliki tujuh fitur yang bisa dinikmati. Pertama, Send It, untuk mengirim uang baik ke rekening bank, nomor ponsel, atau alamat email. Kedua, Pay Me, untuk mengirim permintaan uang. Ketiga, $Cashtag, menjadikan nama nasabah sebagai nomor rekening.

Split Bill, untuk berbagi tagihan dengan teman atau keluarga. Dream Saver, untuk membantu mewujudkan mimpi dengan menabung harian secara otomatis. One Touch, untuk verifikasi transaksi bisa dilakukan dengan fingerprint. Terakhir, Card Center, untuk menentukan sendiri batas nilai belanja, melakukan block atau unblock kartu baik secara permanen atau sementara.

Untuk mendukung pengembangan Jenius, BTPN sudah melakukan sejumlah kerja sama dengan beberapa partner, misalnya, Go-Jek, Spotify, BrightSpot, The Goods Dept, Indosat, XL, Telkomsel, Elevania, DinoMarket, dan Traffique Coffee.

Ke depannya, BTPN akan menambah beberapa fitur baru yang bisa dinikmati, seperti sub card berupa kartu tambahan untuk orang lain dan bisa dikontrol dengan aplikasi Jenius dan fitur personal financial management.

Application Information Will Show Up Here

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter