1. Startup

[BtS] Bertemu dengan Orang di Balik Layar Kolom Pencarian Bukalapak

Ada dua tim yang bertugas untuk pengembangan kolom pencarian di Bukalapak.

Salah satu fitur yang penting hadir di layanan ecommerce adalah kolom pencarian. Bukan hanya digunakan untuk mencari barang namun kehadirannya harus bisa dioptimasi sesuai dengan perkembangan layanan ecommerce itu sendiri.

Pertumbuhan jenis dan jumlah produk membutuhkan kolom pencarian yang terus berkembang kemampuannya. Pentingnya kolom pencarian ini salah satunya karena akan langsung bersinggungan dengan konsumen. Tentunya Anda akan merasa terbantu jika bisa mendapatkan produk hanya dengan mengetikkan kata kunci yang Anda ingat, tidak perlu persis sama dengan keterangan produk yang dijual. Atau Anda akan sangat terbantu jika layanan ecommerce bisa memberikan usulan kata kunci tertentu hanya dengan mengetikkan beberapa kata.

Nah, salah satu ecommerce yang pupuler di Indonesaia adalah Bukalapak. Tentunya akan menarik untuk melihat, seperti apa sebenarnya proses dibalik fitur pencarian yang hadir di situs mereka.

iPrice bekerja sama dengan DailySocial menghadirkan video kedua dari cerita di balik layar layanan ecommerce di Indonesia. Kali ini video akan menampilkan Product Manager Bukalapak yang akan menceritakan proses dibalik pengembangan kolom pencarian di situs Bukalapak.

Ada dua tim yang yang bertugas untuk mengembangkan fitur ini, yang pertama adalah Core Search Enginering serta yang keduua adalah tim Shopping Growth. Dua tim ini saling bekerja sama untuk menghadirkan proses pencarian yang efektif, lalu melakukan uji performa dan riset lainnya yang bersifat jangka panjang. Selain itu tentunya memastikan bahwa fitur yang ada bisa digunakan dengan baik oleh pengguna Bukalapak.

Pengembangan alat pencarian ini juga dikembangkan berdasarkan algoritma yang terus diperbarui dan sesuai dengan apa yang terjadi di Bukalapak. Fokusnya juga terhadap pengguna Bukalapak, bagaimana bisa keep up dengan kebutuhan mereka dan menghadirkan hasil atau fitur yang bisa mengakomodir kebutuhan tersebut.

Disclosure: Segmen BtS atau Behind the Secene merupakan segmen yang hadir atas kerja sama antara iPrice dengan DailySocial. Video diproduksi oleh iPrice dengan dukungan dari DailySocial.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again