Categories

Berita

Buat Proyek Sosial dan Ikut Berkolaborasi Dengan KitaBisa

Avi Tejo Bhaskoro - 2 May 2014

Semua tentu setuju bahwa ekosistem online kini telah menjadi ruang publik terbaru yang memiliki pengaruh cukup besar di kehidupan masyarakat, tak terkecuali bagi masyarakat Indonesia. Dampaknya sangat beragam, dan tentu pasti banyak yang positif. Salah satu dampak positifnya yaitu ekosistem online kini bisa pula menciptakan suatu ruang kolaborasi sosial yang bisa menjangkau seluruh lapisan masyarakat, seperti yang kini dihadirkan oleh KitaBisa. Situs ini menawarkan wadah kolaborasi sosial dalam berbagai bentuk mulai dari donasi hingga aksi sukarelawan.

Mengklaim sebagai wadah bagi siapa saja untuk berkolaborasi sosial, KitaBisa memiliki cukup banyak opsi untuk berpartisipasi dalam aksi sosial. Pengguna bisa memilih antara dua tipe, apakah ingin menjadi pihak pendukung proyek atau pihak yang didukung.

Sebagai pendukung proyek sosial, tentu yang dilakukan dalam platform KitaBisa adalah membuat apa saja yang membutuhkan dukungan dari banyak orang. Dalam membuat proyek, pengguna tentu tak bebas begitu saja. Sebelumnya dibutuhkan proses verifikasi dari pihak KitaBisa sebelum nantinya proyek yang dibuat bisa diumumkan.

Proses pembuatannya cukup mudah, setelah membuat akun, pengguna hanya tinggal mengisi formulir yang telah disediakan, untuk kemudian nantinya proposal kampanye akan melewati proses assesment dari pihak KitaBisa. Jika sesuai kriteria, maka tak lama kemudian kampanye yang dibuat akan ditampilkan dan pihak pendukung proyek sosial bisa menjalankan kampanyenya lebih lanjut.

Bagi pengguna yang memiliki niat mulia untuk membantu banyak proyek sosial yang ada di KitaBisa, pengguna juga tentu bisa menjadi pihak yang memberikan banyak bentuk dukungan. Pengguna bisa memilih berbagai bentuk dukungan yang akan diberikan seperti; dukungan donasi, berbagi ilmu, menjadi sukarelawan, hingga membantu membagikan dukungan lewat sosial media kepada banyak orang. Bantuan yang diberikan seluruhnya bisa dialokasikan ke berbagai macam ketegori proyek yang ada seperti misalnya program pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan lain sebagainya. Untuk lebih lengkapnya bisa mengunjungi penelusuran semua kategori proyek di sini.

Dengan adanya KitaBisa dan banyak pelaku startup lainnya yang bergerak dalam aksi dan wadah kolaborasi sosial, saya memandang melalui kacamata industri startup Indonesia, penggiat digital di Indonesia kini juga semakin yakin akan kekuatan publik Indonesia yang dapat digerakkan melalui sebuah teknologi informasi.

Rekan saya, Hesti Pratiwi, pernah membahas tentang aksi perubahan sosial melalui aktivisme digital. Disampaikan bahwa ranah digital saat ini tak hanya menjadi tempat yang cukup hijau bagi peluang bisnis yang menghasilkan jutaan dollar saja, namun melalui sifatnya yang masif dan kemampuannya untuk menyentuh seluruh kalangan dengan mudah, industri digital saat ini sangat bisa memberikan peluang bagi siapa saja yang memiliki kepedulian tinggi untuk kebaikan semua pihak.

Jika peluang sudah tersedia di depan mata, seharusnya kita dapat mengapresiasinya dengan mudah bukan?

[ilustrasi foto: Shutterstock]

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter