1. DScovery

Budaya Adalah: Definisi, Unsur-Unsur dan Implementasinya di Masyarakat

Budaya merupakan bagian yang sudah menyatu dalam masyarakat, melalui budaya maka seseorang memperoleh pengetahuan dan cara beradaptasi dengan lingkungannya. Berikut ini berbagai unsur yang ada dalam budaya.

Masyarakat tidak akan terlepas dari pengaruh dan penggunaan suatu budaya, dimana budaya seringkali dianggap sebagai warisan nenek moyang yang diturunkan pada keturunannya. Budaya itu bervariasi dan tidak ada sifat tunggal yang menyatakan bahwa budaya di seluruh dunia hanya satu.

Budaya bersifat majemuk dalam artian bahwa budaya itu beragam dan memiliki berbagai variasi, budaya setiap wilayah dan tempat akan berbeda-beda karena dipengaruhi oleh sifat lingkungan dan daya interaksi sosial masyarakatnya. Berikut ini penjelasan selengkapnya mengenai budaya mulai dari definisi hingga implementasinya di masyarakat.

Definisi Budaya

Budaya adalah sudut pandang atau perspektif yang dimiliki oleh suatu kelompok berdasarkan kepercayaan dan keyakinannya terhadap suatu hal. Budaya merupakan pola asumsi dasar yang ditemukan dan digunakan oleh sekelompok orang karena menganalisis, mempelajari dan menerapkan proses adaptasi yang diajarkan kepada para anggota kelompoknya sehingga menjadi sebuah persepsi.

Menurut  (Koentjaraningrat, 1993), budaya atau kebudayaan adalah hal-hal yang berkaitan dengan akal dan budi atau dipahami juga sebagai perkembangan dari kekuatan yang berasal dari akal pikir manusia.

Budaya didefinisikan sebagai cara hidup seseorang yang berasal dari ajaran generasi ke generasi berikutnya melalui proses pembelajaran untuk menciptakan kehidupan tertentu yang sebanding dengan keadaan lingkungan hidupnya.

Unsur-Unsur Budaya

Budaya memiliki unsur-unsur yang menjadikan suatu perilaku atau tindakan di masyarakat menjadi sebuah budaya. Berikut ini unsur-unsur yang ada dalam suatu budaya:

  • Sistem bahasa

Kemampuan manusia dalam mempelajari suatu fenomena sosial akan mempengaruhi bagaimana budaya akan berkembang, salah satunya adalah kehadiran penggunaan bahasa. Bahasa merupakan sarana kebutuhan untuk dapat berinteraksi dengan sesama, melalui bahasa maka seseorang akan memenuhi kebutuhan sosial miliknya.

Sistem bahasa menjadi salah satu unsur budaya karena melalui bahasa seseorang dapat berinteraksi dan memahami satu sama lain, hingga terjalin komunikasi yaitu pertukaran antar pesan.

  • Sistem pengetahuan

Sistem pengetahuan juga menjadi bagian dari unsur budaya, karena pengetahuan merupakan bagian dari ide-ide yang timbul akibat manusia. Sistem pengetahuan yang dimiliki oleh seseorang dan diturunkan kepada generasi berikutnya akan membantu mengenai bagaimana suatu masalah atau masalah dilaksanakan.

Pengetahuan memiliki sifat universal dan abstrak, karena pengetahuan tidak dapat dijabarkan secara pasti karena cakupan yang sangat luas. Setiap budaya akan selalu memiliki cara untuk beradaptasi dengan lingkungan dan alam sehingga memunculkan sistem pengetahuan.

  • Sistem sosial

Unsur budaya lainnya berkaitan dengan sistem sosial yang ada dalam suatu kelompok di masyarakat. Sistem sosial yang dimaksud berupa sistem kekerabatan dan organisasi sosial sebagaimana manusia membentuk berbagai kelompok sosial hingga menjadi masyarakat yang luas.

Sistem sosial akan mengatur mengenai bagaimana kelompok masyarakat budaya hidup berdasarkan adat istiadat, aturan mengenai bagaimana seseorang akan bergaul dan hidup dalam lingkungan masyarakatnya. Sistem sosial yang paling dekat adalah sistem kerabat atau disebut juga sebagai keluarga inti beserta kerabatnya. 

  • Sistem peralatan hidup dan teknologi

Peralatan hidup dan teknologi menjadi bagian dari unsur suatu budaya, karena individu dalam masyarakat akan berupaya untuk dapat mempertahankan hidupnya sehingga peralatan tersebut dibutuhkan. Teknologi dalam budaya adalah benda-benda yang dapat mendukung pembuatan peralatan hidup manusia, meskipun bahan atau cara pembuatan tersebut masih sederhana.

  • Mata pencarian hidup

Mata pencaharian hidup atau dikenal sebagai pekerjaan yang dimiliki seseorang tentu menjadi bagian dari unsur budaya yang tak kalah penting. Masyarakat bagaimanapun juga membutuhkan sistem perekonomian yang dapat mendukung kebutuhan hidupnya.

  • Sistem religi

Tak dapat dipungkiri bahwa pada awalnya budaya muncul atas analisa yang dilakukan oleh nenek moyang atau para pendahulu dalam memandang lingkungan dan kehidupannya. Sistem religi dalam suatu budaya menyangkut apa yang dipercayai dalam kelompok budaya tersebut sebagai suatu hal yang memiliki kekuatan supernatural, ini menyangkut kepercayaan masing-masing budaya.

  • Sistem kesenian

Unsur lainnya yang terdapat dalam budaya adalah keseniannya, dimana kesenian dalam sebuah budaya dapat juga dipahami sebagai bentuk peninggalan atas karya dan identitas suatu kebudayaan. 

Sistem kesenian mengarah kepada teknik dan proses pembuatan benda seni yang dilakukan berdasarkan cara dan budaya yang dipelajari seseorang dari kebudayaannya. Selain itu sistem kesenian juga mengalami perkembangan seperti, seni musik, seni drama, tari dan lain sebagainya.

Implementasinya di Masyarakat

Budaya adalah cara hidup seseorang yang berasal dari generasi ke generasi. Dengan kata lain budaya dapat juga dipahami sebagai sifat adaptif yang dilakukan seseorang dalam upaya memenuhi kebutuhannya dengan menyesuaikan diri dengan lingkungannya. 

Tak heran jika budaya di setiap wilayah akan berbeda, karena budaya akan mengikuti bagaimana karakteristik lingkungan dan tempat tinggal seseorang sehingga penyelesaian masalahnya akan berbeda-beda. Budaya hadir sebagai upaya penyesuaian diri manusia atas lingkungannya dalam bertahan hidup, setiap wilayah akan memiliki budayanya masing-masing.

Pemahaman para pendahulu melalui suatu pengamatan dan proses mencari pengetahuan akan mempengaruhi bagaimana budaya akan berkembang. Budaya bisa berkembang menyesuaikan waktu dan adaptasi jika lingkungan disekitar tempat tinggal pun ikut berubah.

Demikian informasi seputar pengertian budaya dan unsur-unsur di dalamnya yang dapat kamu pahami, semoga bermanfaat.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again