1. Startup

BugBounty Siapkan Reward Untuk Para Peretas

Hacking-pun Bisa Jadi Legal dan Menghasilkan

Sejarah aksi kejar mengejar antara para pengembang dan peretas telah ada sejak zaman internet itu sendiri. Berlandaskan alasan tersebut, BugBounty.co.id diciptakan untuk memfasilitasi para pengembang dan peretas yang ingin membuktikan keahlian masing-masing dalam merancang sistem pertahanan IT yang apik. Para pemilik sistem bisa memberikan reward kepada peretas yang mampu menemukan celah kemanan (bug) di dalam sistemnya.

Kehadiran peretas memang tidak seluruhnya mencuri atau mengintervensi informasi, bisa saja hanya sekedar iseng belaka, namun resiko terburuk tersebut memang selalu ada. Hal yang pasti ialah ketika suatu celah sistem berhasil tereksploitasi, itu menandakan bahwa tim pengembang tidak merancang sistem dengan baik. Pendiri BugBounty menyadari hal tersebut, dan ingin mengajak peretas serta pengembang untuk mencurahkan kemampuan mereka dalam ekosistem timbal-balik yang lebih positif.

Peretas - Pengembang / BugBounty.co.id

Bagi para pengembang tentunya ini menjadi kesempatan baik untuk menguji sistem mereka. Ketimbang harus menunggu peretas lain meruntuhkan pertahanan sistem, sementara celah yang ada berkemungkinan disebar dan digunakan pihak lain untuk tujuan yang tidak bagi. BugBounty tidak menginginkan hal itu terjadi, segala vulnerability yang ada pada sebuah program akan tetap menjadi rahasia peretas dan pengembang yang terdaftar di platform BugBounty saja.

Bagi pihak peretas sendiri, tentunya hasil mereka tidak akan sia-sia. BugBounty dan para pengembang yang memiliki program telah mempersiapkan reward dan hadiah yang ditawarkan sesuai dengan tingkatan yang ada. Asalkan bug yang ditemukan memang valid dan memenuhi persyaratan.

Situs BugBounty sendiri masih dalam fase beta. Pihaknya menantang para peretas untuk melaporkan bug maupun celah keamanan yang mungkin terjadi pada platform mereka, tentunya dengan imbalan yang menarik seperti reputation point, dan verified member secara gratis. Hal ini mengindikasikan bahwa nantinya BugBounty akan mengimplementasi salah satu model bisnis yang memverifikasi pengguna terdaftar mereka dengan biaya tertentu.

Apa yang ditawarkan BugBounty sebagai platform pelaporan bug pertama di Indonesia cukup menarik. Kedua belah pihak peretas dan pengembang dapat saling meningkatkan keahlian mereka secara bersamaan. Mengingat peretas Indonesia dikenal cukup berkompeten, hal ini memaksa tim pengembang untuk merancang sistem yang jauh lebih kuat dari sebelumnya. Dampak positif yang bisa diperkirakan ialah tumbuhnya SDM baru yang dapat diandalkan di masa depan.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again