Bukalapak Siapkan Layanan Cicilan Tanpa Kartu “BukaCicilan” Bersama Akulaku

Bukalapak Siapkan Layanan Cicilan Tanpa Kartu “BukaCicilan” Bersama Akulaku

Sudah digulirkan ke sebagian pengguna Bukalapak
Ilustrasi layanan keuangan digital / DailySocial
Ilustrasi layanan keuangan digital / DailySocial

Bukalapak merilis layanan finansial teranyar “BukaCicilan”, sebuah layanan cicilan tanpa kartu yang menggandeng Akulaku sebagai mitra pembayaran. Fitur ini sudah dirilis ke sebagian pengguna Bukalapak, baik di Android maupun iOS.

Belum ada keterangan resmi yang diberikan Bukalapak soal BukaCicilan. Dalam laman situsnya, Bukalapak menerangkan layanan BukaCicilan memungkinkan pengguna Bukalapak dapat membeli barang apapun dari semua kategori, menggunakan metode pembayaran secara cicilan.

Angsuran dapat dibayar selama 1, 3, 6, hingga 12 bulan dengan tenor yang sudah ditentukan sebelumnya. Tidak ada harga minimum barang untuk melakukan pembayaran secara cicilan, namun pengguna harus memastikan terlebih dahulu limit Kredit BukaCicilan cukup.

Sebelum menggunakan fitur ini, pengguna akan diarahkan untuk mendaftar sebagai pengguna Akulaku. Persyaratan yang dibutuhkan antara lain memiliki akun Bukalapak dengan alamat email dan nomor ponsel yang sudah terverifikasi.

Saat ini fitur BukaCicilan baru dibuka untuk konsumen yang berdomisili di Pulau Jawa dan memiliki penghasilan bulanan. Proses pendaftaran BukaCicilan akan dikonfirmasi (disetujui atau ditolak) dalam waktu maksimum 3 jam.

Apabila disetujui, maka pengguna akan mendapat saldo limit kredit yang jumlahnya telah ditentukan berdasarkan penilaian oleh mitra BukaCicilan. Kalaupun ditolak, pengguna bakal menerima pemberitahuan dan bisa mengajukan kembali.

Alur pendaftaran, verifikasi, hingga proses penagihan sepenuhnya diberikan Bukalapak ke pihak Akulaku. Menurut proses penagihan, pengguna perlu mengunduh aplikasi Akulaku untuk pembayaran cicilan.

Sebelumnya, Bukalapak juga mendukung berbagai layanan finansial untuk investasi emas “BukaEmas”, reksa dana “BukaReksa”, cicilan roda empat “BukaMobil,” dan kalkulator finansial untuk menghitung kurs, KPR, dan investasi.

Sebenarnya tidak hanya dengan Akulaku, Bukalapak juga telah menyediakan opsi pembayaran tanpa kartu kredit dengan Kredivo. Strategi ini bisa membawa nilai tambah bagi Bukalapak dalam memberikan kebebasan metode pembayaran untuk para penggunanya saat bertransaksi. Sementara bagi Akulaku, kemitraan melalui BukaCicilan menjadi cara untuk menjaring lebih banyak pengguna.

Langkah serupa

Tokopedia sudah mengambil pemanfaatan layanan cicilan ini dengan Kredivo. Tak hanya itu, perusahaan juga menyediakan layanan finansial lainnya seperti pinjaman online instan, tanpa jaminan, dan dengan jaminan. Pengguna bisa memilih mitra finansial yang sesuai dengan preferensi masing-masing.

Mitra tersebut di antaranya perusahaan multifinance seperti Sinarmas Finance, CS Finance, Adira Finance, Mandiri Tunas Finance. Ada pula mitra perbankan seperti Standard Chartered, Bank Syariah Mandiri, Bank Permata dan startup fintech lending seperti Julo dan Teman Kredit.

Beragam layanan finansial yang dihadirkan pemain marketplace menjadi perpanjangan tangan yang cukup efektif bagi para pemain jasa keuangan dalam mengakuisisi pengguna baru.

Application Information Will Show Up Here
Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Berita
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…