Bukalapak Sediakan Fitur QR Code di Warung Kelontong Mitra

Bukalapak Sediakan Fitur QR Code di Warung Kelontong Mitra

Mendukung metode pembayaran dengan Buka Dana, Saldo Bukadompet, Kartu Visa/MasterCard/JCB, dan tunai
Bukalapak Sediakan Fitur QR Code di Warung Kelontong / Bukalapak
Bukalapak Sediakan Fitur QR Code di Warung Kelontong / Bukalapak

Bukalapak menyediakan fitur pemindai QR code yang dapat digunakan pengguna saat bertransaksi di warung kelontong. Kehadiran fitur ini diharapkan bisa mendorong gaya hidup nontunai di seluruh aspek kehidupan.

Corporate Communication Manager Bukalapak Evi Andarini menuturkan, fitur ini hanya bisa dinikmati agen Bukalapak (sekarang dinamai Mitra Bukalapak). Mitra yang bisa menerima fitur ini sebelumnya harus terverifikasi data diri dengan kartu identitas, foto diri, dan foto warung atau kiosnya.

Buat pengguna Bukalapak, fitur QR code ini bisa dimanfaatkan langsung dari aplikasi masing-masing dari menu “Mitra Terdekat.” Metode pembayaran yang didukung adalah dengan Buka Dana, Kartu Visa/MasterCard/JCB, dan tunai ke warung itu sendiri.

Sementara ini fitur tersebut baru tersedia di versi Android. Di menu ini, pengguna bisa mencari tahu lokasi Mitra terdekat dari posisi mereka dan petunjuk arahnya untuk sampai ke sana.

“Semua transaksi yang terjadi di platform Mitra Bukalapak dan Bukalapak tercatat di sistem kami,” terang Evi kepada DailySocial.

Agen menjadi “Mitra Bukalapak”

Timeline Mitra Bukalapak
Perjalanan Agen Bukalapak hingga menjadi Mitra Bukalapak / Bukalapak

Terkait pengubahan program, Evi mengatakan Mitra Bukalapak adalah program perluasan yang dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan pengusaha kecil menengah terutama warung dengan teknologi sederhana. Mitra Bukalapak bisa berjualan produk virtual, bayar tagihan, juga belanja grosir untuk stok warung dengan mudah hanya dari smartphone.

Ada komisi yang bakal diterima dari setiap transaksi digital. Misalnya untuk penjualan barang fisik, komisi yang diterima sebesar 5%, voucher game/tiket kereta/tiket pesawat komisi yang didapat 5%, dan komisi lainnya tergantung produk yang berhasil terjual.

Di samping itu, perusahaan melihat jumlah Mitra Bukalapak terus mengalami peningkatan dan tersebar di seluruh Indonesia. Perusahaan tetap selalu ingin dekat dengan para Mitranya dalam upaya pemberdayaan pengusaha warung ini. Atas dasar pertimbangan tersebut, perusahaan memutuskan untuk mengubah program Agen menjadi Mitra Bukalapak.

“Siapapun yang memiliki warung kios, atau tempat usaha dapat mendaftar jadi Mitra Bukalapak dengan mudah dan gratis.”

Evi menyebut sampai saat ini ada lebih dari 400 ribu warung bergabung. Lokasinya tersebar di Jawa dan Palembang. Tahun depat ditargetkan Mitra Bukalapak dapat menjaring hingga 2,5 juta warung.

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…