1. Startup

BukuQ: Jejaring Sosial Untuk Para Pecinta Buku

BukuQ kini telah merilis layanan mereka dan masuk ke dalam versi private beta, dimana pengguna harus mendapatkan undangan sebelum bisa mengakses layanan yang mereka sediakan. Kebetulan saya mendapatkan undangan untuk mengakses layanan BukuQ, jadi mari kita lihat seperti apa fasilitas serta fitur yang ada di BukuQ.

Dari penjelasan di keterangan akun Twitter mereka, BukuQ merupakan jejaring sosial yang diperuntukkan bagi pecinta buku serta para penerbit, toko buku, perpustakaan atau siapapun yang tertarik dengan dunia buku untuk ikut bergabung di situs mereka.

Tampilan BukuQ juga layaknya jejaring sosial lain dengan tampilan timeline yang berisi aktivitas dari relasi yang ada di BukuQ. Fitur yang ada juga mendukung untuk berjaring, seperti menambahkan koleksi buku serta memberikan rating dan review atas buku yang disukai atau yang telah dibaca.

Pengguna bisa menambahkan berbagai buku yang telah ada di BukuQ ke koleksi buku mereka atau jika buku yang ingin ditambahkan belum tersedia, mereka juga bisa menambahkan koleksi baru lengkap dengan detail buku seperti kaver, judul, pengarang sampai dengan ISBN dan ikut menyumbang koleksi buku di BukuQ.

Pengguna juga bisa menambah teman yang telah bergabung di BukuQ, jadi misalnya Anda sedang menjelajah koleksi buku yang ada di BukuQ dan mendapati review yang cukup menarik dari pengguna lain, Anda bisa menuju halaman profil mereka dan menambahkannya dalam jejaring pertemanan Anda.

Pertama kali DailySocial membahas startup ini akhir tahun lalu, tepat tanggal 31 Desember, saat itu BukuQ masih dalam tahap pengembangan dan telah memenangi perlombaan, saya juga sempat bertemu dengan founder dari BukuQ dan berbincang rencana fitur mereka. Di tulisan DailySocial sebelumnya, dijelaskan bahwa BukuQ dikembangkan berdasarkan teknologi Silverlight, namun dari penjelasan email yang saya terima, kini BukuQ tidak lagi menggunakan teknologi dari Microsoft tersebut.

Yang paling kentara dari perubahan ini tentu saja tampilan dari situs BukuQ sendiri, selain fitur dan fasilitas yang rencananya mereka akan sediakan. Untuk tampilan BukuQ yang sekarang, terus terang memang kurang menarik, terkesan kosong dan minim fitur. Memang BukuQ masih dalam versi private beta, yang menjadikannya masih banyak waktu untuk mendapatkan umpan balik dan mengembangkan layanan mereka.

Koleksi buku juga menjadi salah satu faktor yang mesti diperhatikan oleh BukuQ, untuk sementara mungkin bisa ditambahkan satu orang tertentu atau semacam moderator atau pengguna terpilih yang bisa secara rutin menambahkan buku-buku di koleksi mereka, jadi nanti ketika layanan mereka sudah dibuka untuk publik, koleksi buku, minimal buku populer sudah bisa ditemukan oleh pengguna.

Pengkategorian serta fasilitas pancarian juga sepertinya masih bisa diperbaiki, saat ini hanya tersedia kategori pencarian untuk buku dan nama pengguna saja, sepertinya akan lebih menyenangkan jika pengguna bisa mencari data buku berdasarkan kategori, misalnya novel, buku pemasaran dan sebagainya, penambahan label kategori juga bisa ditambahkan ketika pengguna mengisi form untuk menambah koleksi buku di BukuQ.

Saingan pada segmen yang sama, bisa jadi masih sedikit (atau bahkan tidak ada?) terutama untuk layanan lokal, namun untuk layanan internasional, ada GoodReads yang sudah cukup terkenal dan memiliki komunitas yang cukup kuat di tingkat lokal, selain berbagai fitur yang bisa membuat pengguna saling berbagi dengan sukarela tentang review dan kisah-kisah mereka atas buku, salah satunya karena komunitas offline yang sudah berjalan dan cukup solid, jadi selain fitur, pendekatan komunitas juga bisa digunakan BukuQ dalam mengembangkan layanan mereka.

Komentar serupa juga diberikan salah satu teman saya, yang merupakan salah satu reviewer buku paling rajin yang pernah saya temui, ia memberikan komentar bahwa tampilan yang ada di BukuQ terasa kaku, namun teman saya tetap mengapresiasi BukuQ sebagai sebuah sarana tambahan, terutama bagi pecinta buku di Indonesia, untuk berbagi koleksi buku mereka, ia juga menambahkan bahwa fitur baru sangat ditunggu dari BukuQ.

Pilihan strategi yang cukup baik bagi BukuQ dengan mengundang pembaca aktif buku untuk mencoba layanan mereka, kini tinggal bagaimana cara BukuQ untuk menggali dan mengolah pendapat para pengguna ini sebagai bahan untuk mengembangkan layanan mereka.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba layanan BukuQ, bisa mengirimkan email ke invite.me[at]bukuq.com. Dan jangan lupa, jika Anda telah mendapatkan undangan dan telah mencoba layanan BukuQ, komentar atau pendapat Anda bisa dituliskan pada kolom komentar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again