1. Startup

BursaIde: Saatnya Kembangkan Ide Menjadi Kenyataan

Semua orang pasti punya impian. Apakah itu sesuatu yang sekedar khayalan ataupun dapat diwujudkan, impian adalah salah satu hal yang membuat orang tetap menjadi kreatif. Dalam konteks startup misalnya, banyak orang yang punya ide-ide, sebagian mungkin bisa jadi brilian, tapi tak mampu mengimplementasikannya karena masalah dana. Sungguh sayang kalau ide-ide cerdas tidak bisa direalisasikan karena masalah non-teknis. Kali ini, Anda bisa menggali segala macam ide karena BursaIde mengakomodasi pendataan segala bentuk ide yang disimpan di dalamnya.

BursaIde didirikan oleh Muhaimin Iqbal yang sebelumnya lebih banyak bergelut di area investasi emas/dinar secara online. Bermula dari Pesantren Wirausaha Daarul Muttaqiin (PWDM), BursaIde dibuat bekerja sama tim teknis, di antara pengembangnya adalah Achmad Zaky yang juga terlibat dalam pengembangan BukaLapak dan sejumlah web designer. Pihak BursaIde mengatakan bahwa dasar pembuatan sistem ini adalah kenyataan bahwa ide-ide itu berharga setelah diimplementasi. Tentunya ide cemerlang yang berhasil diimplementasi akan memberikan manfaat bagi masyarakat luas. Itulah tujuan utamanya.

Saat ini BursaIde sudah mencapai tahapan Beta Test. Anda bisa mendaftar secara bebas dan menuangkan berbagai ide Anda di situs ini. Silakan melakukan brainstorming soal ide-ide yang ditelurkan. Ide ini bisa berkaitan dengan berbagai hal lho, tidak melulu hanya yang berbasis Teknologi Informasi, web, ataupun mobile. Anda dapat mengundang siapapun untuk memberikan masukannya soal ide Anda. Tak hanya ide, Anda bahkan bisa menuliskan permasalahan yang Anda hadapi dan membiarkan orang lain memberikan saran-sarannya sebagai solusi. Ini merupakan Tahap I dari roadmap BursaIde.

Tahap II yang saat ini sedang dikerjakan berkisar tentang pengintensifan suatu ide, termasuk diskusi dan pendanaan serta sumber daya yang dapat digunakan untuk mewujudkan ide. Di sini diharapkan dapat dicapai keputusan go or no go terhadap ide berdasarkan analisis feasibilitasnya. Tahap III yang juga sedang berjalan pengembangannya berkaitan dengan fase implementasi ide. Nantinya sistem BursaIde akan bertindak sebagai pengelola manajemen proyek, di mana setiap langkah dimonitor dan diperbarui.

Tahap IV merupakan tahap akhir, berkaitan dengan pelaporan dan permintaan timbal balik (feedback). Di tahapan ini seharusnya sudah ada hasil implementasi yang disajikan, berapa banyak sumber daya yang bisa diserap, serta apapun yang sudah dicapai dari Tahap I hingga Tahap III.

Jika Anda mendaftar sekarang, tentunya Anda akan bisa melakukan segala hal berhubungan dengan Tahap I. Galilah ide sebanyak-banyaknya dan dapatkan respon dari orang lain, terutama yang kompeten di bidangnya. Sangat menarik jika BursaIde bisa menjadi sarana kolaborasi yang handal dengan syarat mampu mengimplementasi Tahap II-IV dengan baik.

Issue yang mungkin muncul adalah kemungkinan pengambilan ide tanpa izin. Tentu saja hal ini bisa jadi perdebatan panjang karena ide bukanlah paten yang terdaftar dan dapat diklaim kepemilikannya. Pihak BursaIde mengharapkan ide yang ditampilkan adalah sekedar ringkasannya dan tidak menjembrengkan implementasi teknisnya untuk mengurangi risiko seperti ini.

Saya sungguh menantikan terwujudnya berbagai ide menarik dan berhasil terimplementasi melalui sistem ini. Anda sudah memikirkan ide yang bisa Anda gali dan implementasikan bagi kemaslahatan masyarakat luas?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again