1. DScovery

Business Plan: Pengertian, Cara Membuatnya, Tujuannya

Business Plan digunakan untuk membantu menentukan apakah bisnis itu layak, dan jika ya, bagaimana membuatnya sukses. Berikut ini adalah pengertian, tujuan, serta cara membuat Business Plan!

Dalam membuat bisnis, perlu strategi dan perencanaan yang matang.

Langkah awal yang dilakukan untuk membuat bisnis adalah mengidentifikasi pasar sasaran, kebutuhan dan preferensi mereka, dan mengembangkan strategi akuisisi pelanggan.

Jika langkah itu sudah terlewatkan, maka langkah selanjutnya adalah mengembangkan Business Plan. Business Plan ini dilakukan dengan membuat rencana bisnis yang komprehensif yang mencakup tujuan perusahaan, strategi, dan cara mencapai tujuan tersebut.

Di artikel ini, kamu akan memperdalam pengetahuan terkait Business Plan untuk melancarkan bisnis yang ingin kamu jalankan.

Pengertian Business Plan

Business Plan atau Rencana Bisnis adalah dokumen yang menguraikan kegiatan bisnis inti perusahaan dan bagaimana rencananya untuk mencapai tujuannya.

Rencana bisnis pada dasarnya adalah alat pengambilan keputusan dan konten serta formatnya ditentukan baik oleh tujuan bisnis maupun oleh audiens yang dituju. Hal ini termasuk rencana masuk ke pasar, proyeksi keuangan, riset pasar, tujuan bisnis, dan pernyataan misi.

Business Plan ini biasanya digunakan oleh para pemula untuk memulai dan menarik investor dan stakeholders lainnya. Dan dapat dilakukan juga oleh perusahaan yang sudah ada untuk membantu memandu operasi dan pertumbuhan mereka.

Business Plan yang ditulis dengan baik akan membantu kamu untuk:

  • Mengetahui kemana tujuan bisnis (visi dan misi)
  • Memahami sumber daya apa yang dibutuhkan untuk mencapainya
  • Mengembangkan strategi untuk mencapai tujuan tersebut, termasuk mengembangkan rencana pemasaran dan rencana keuangan.

Business Plan yang baik harus jelas, ringkas, dan terorganisir dengan baik. Serta harus mencakup semua informasi yang relevan tentang bisnis kecil atau besar kamu, dari ukuran tim hingga proyeksi pertumbuhan pendapatan bisnis kamu dari waktu ke waktu.

Lantas, bagaimana cara membuat Business Plan yang baik?

Cara Membuat Business Plan yang Baik dan Benar

Tujuan dari Business Plan adalah memberi gambaran tentang seperti apa perusahaan kamu di masa depan dan bagaimana kamu dapat memastikan hal itu terjadi. Karena itu, pentingnya untuk membuat perencanaan yang baik.

Berikut ini adalah komponen-komponen penting yang harus ada di Business Plan untuk mencapai tujuan bisnis yang diharapkan:

  1. Garis besar tentang apa yang membuat perusahaan unik. Kamu bisa menulis apa saja mulai dari deskripsi mendetail tentang produk atau layanan yang ditawarkan hingga pernyataan tentang mengapa kamu ingin memulai jenis bisnis ini
  2. Deskripsi pasar. Perlu menjelaskan siapa pelanggan bisnis kamu dan berapa banyak pelanggan potensial yang ada di pasar itu.
  3. Perkiraan keuangan. Kamu dapat melakukan dengan perincian tentang berapa banyak uang yang diperlukan untuk memulai bisnis, untuk mengoperasikannya setelah itu dan berjalan (termasuk biaya seperti sewa), dan berapa banyak pendapatan yang kamu harapkan dalam waktu

Lalu, apa tujuan Business Plan ini dibuat?

Tujuan Business Plan

Dalam dunia bisnis, Business Plan adalah dokumen yang menguraikan tujuan, prioritas, dan strategi Anda untuk sukses.

Tujuan dari Business Plan adalah untuk memberikan informasi tentang tujuan dan sasaran perusahaan saat memulai bisnis. Informasi ini penting bagi banyak orang yang terkait dengan perusahaan, seperti karyawan, investor, vendor, dan pelanggan.

Rencana bisnis juga dapat membantu mengamankan pendanaan dan memberikan wawasan tentang potensi masalah dan tantangan.

Selain itu, rencana bisnis dapat membantu pengusaha mencapai tujuan mereka dan melayani orang lain.

Demikianlah penjelasan terkait Business Plan ini. Semoga dapat membantu mengalirkan kreativitas kamu dan menginspirasi kamu untuk menghasilkan lebih banyak ide perencanaan bisnis.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again