1. Startup

Buttonijo.com Rental Film dan Toko Karya Kreatif

(Update dibagian bawah artikel) Hasil karya kreatif punya anak bangsa - Indonesia banyak yang keren, mulai dari film, fotografi, desain, arsitek dan berbagai karya lainnya yang tidak hanya menjadi konsumsi dalam negeri tetapi juga banyak yang mendapatkan penghargaan di negara lain.

DailySocial juga pernah menuliskan situs atau layanan yang menyediakan fasilitas untuk memajang atau menjual karya seperti misalnya KayaKarya. Kini ada Buttonijo.com yang menjadi sarana showcase dari mereka yang menghasilkan karya kreatif, selain itu Buttonijo juga memberikan fasilitas untuk menjual karya.

Berbagai karya kreatif mulai dari film, musik, fotografi dan desain akan ditampilkan di situs mereka, dari keterangan yang dituliskan pada situsnya, Buttonijo hadir karena dorongan yang terbentuk oleh kebingungan dalam memasarkan hasil karya sendiri, di Buttonijo, para artis akan diberikan kebebasan untuk menentukan harga karya mereka dan diberikan kontrol atas karya yang ditampilkan. Untuk film, saat ini Buttonijo menyediakan layanan sewa film.

Saat ini sebenarnya ada dua alamat layanan Buttonijo, sepertinya situs Buttonijo.com masih dalam tahap pengembangan jadi belum semua layanan dan fasilitas bisa digunakan, sedangkan situs Buttonijostore.com telah memberikan layanan sewa film, meski memang baru dua film yang tersedia. Sewa film dengan biaya $1.5 dengan masa rental 7 hari, penyewa bisa pause dan replay kapan pun selama masa sewa. Pembayaran bisa dilakukan dengan PayPal, Amazon dan kartu kredit. Film yang tersedia adalah Dead Chicken In A Rice Barn karya Darwin Nugraha dan Amir Pohan serta The Jak karya Amir Pohan dan Andibachtiar Yusuf.

Mengutip ImmuDatabase, Buttonijo dibuat oleh Amir Pohan seorang filmmaker yang membuat Buttonijo sebagai sarana alternatif untuk mendistribusikan film-film independen. Film yang tersedia juga dikabarkan akan bertambah, dengan film independen lainnya.

Saat ini situs Buttonijo.com sepertinya memang masih dalam tahap pengembangan, selain beberapa button dan elemen desain tampak belum seragam, beberapa fasilitas juga belum tersedia, namun sebagai gambaran akan ada fasilitas berupa 4 toko yang mereka sediakan, Flick Shop (untuk film), Music Shop, Image Shop serta Tees Shop.

Terus terang untuk situs yang memajang dan menjadi marketplace karya kreatif selalu menarik bagi saya, berbagai karya ini kadang menjadi karya non-mainstream yang sulit untuk ditemukan, setidaknya jika ada satu tempat yang menjadi etalase atau toko bisa memudahkan untuk menemukan berbagai karya yang, meski tidak semua, tetapi banyak yang keren-keren. Sedangkan untuk sewa film, meski mungkin akan berhadapan dengan masalah jaringan internet dan mungkin juga kualitas gambar, namun pilihan sewa film seperti ini juga menarik untuk dicermati, tingkat keberhasilannya memang masih bisa diperdebatkan, terutama untuk pasar Indonesia, tetapi sebagai alternatif, saya pikir patut untuk dicoba dan dikembangkan.

Update: Amir Pohan mengirimkan keterangan pada DailySocial bahwa situs Buttonijo.com memang masih dalam tahap pengembangan, untuk layanan mereka yang aktif dan telah tersedia (sewa film) ada di Buttonijostore.com.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again